SUMUT

NASIONAL

Setahun Ruang ICU RSUD Sidikalang Tidak Berfungsi

Senin, 13 Juli 2020 | 23.50 WIB
Kali Dibaca |

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu (tengah) dan Kadis Kesehatan Kab.Dairi dr Ruspal Simarmata (kanan Bupati) saat  diwawancarai.
Sidikalang, metrokampung.com
Ruang Intensif Care Unit (ICU) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidikalang yang sebelumnya sudah beroperasi, kini tidak difungsikan lagi atau terlantar.
 Informasi diperoleh, ruang ICU tersebut hanya beroperasi Januari hingga Juni 2019 atau saat masa penilaian Akreditasi 2019 lalu.

Sejak Juli 2019 hingga kini ruang ICU atau ruangan khusus untuk merawat pasien dengan penyakit atau cedera serius itu, tidak pernah difungsikan lagi oleh pihak Rumah Sakit Umum Sidikalang.

Ruang ICU sudah dilengkapi dengan berbagai macam peralatan medis khusus dan telah menghabiskan anggaran yang tidak sedikit jumlahnya termasuk anggaran untuk pengadaan ventilator, monitor dan berbagai peralatan medis lain menunjang operasional ruang ICU rumah sakit milik pemerintah daerah tersebut.

Padahal salah satu makna yang terkandung dalam visi Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinan Eddy - Jimmy,"Dairi Unggul". Artinya  suatu kondisi yang mencerminkan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan daerah yang unggul dalam standard kualitas dan kuantitas pelayanan publik yang menjadi pelayanan dasar kebutuhan masyarakat yang meliputi kesehatan.

Akan tetapi fasilitas kesehatan yang sudah ada di RSUD Sidikalang seperti halnya Ruang ICU, sebelumnya pernah dioperasikan,  kini tidak difungsikan dan dibiarkan mangkrak dan tidak terawat.

Direktur RSUD Sidikalang, dr Sugito Panjaitan mengakui  keberadaan ruang ICU RSUD Sidikalang, tidak beroperasi lagi dan kondisi tersebut terjadi akibat kekurangan tenaga ahli di RSUD Sidikalang.

Namun demikian, dr. Sugito yang baru menjabat April 2020 itu, memaparkan rencananya akan mengupayakan pengoperasian Ruang ICU dimaksud secepatnya, Senin (13/7/2020).

"Pada Agustus mendatang, kita telah merencanakan untuk mengoperasikan kembali Ruang ICU ini sesuai dengan rencana Pak Bupati," sebut Sugito.

Terpisah, Bupati Dairi, DR. Eddy Keleng Ate Berutu didampingi Kepala Dinas Kesehatan Dairi  dr Ruspal L R Parluhutan Simarmata menyambut baik informasi yang disampaikan dan akan segera menindak lanjutinya.

"Ada beberapa fasilitas di rumah sakit yang tidak berfungsi, termasuk ruang ICU tadi. Dalam waktu dekat ini, seluruh fasilitas di ruang ICU itu akan segera kita fungsikan. Saya mohon kerja sama dan dukungan dari semua pihak," ungkap Bupati. (in/dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru