Warga Sei Karang Demo, Minta Kades Sei Karang Dicopot

Editor: metrokampung.com
Kepala Desa Sei Karang, Muhamad  Nuh tidak bisa diwawancarai awak media.
Galang, metrokampung.com
Sekitar tujuh puluhan orang warga Desa Sei Karang Kecamatan Galang Kabupaten Deliserdang Sumatera Utara melakukan aksi demo dengan mendatangi Kantor Kepala Desa Sei Karang, Senin (27/07/2020) pagi.

Warga melakukan aksi protes menyusul akibat di pecatnya sejumlah perangkat Desa oleh Kepala Desa Sei Karang Muhamad Nuh secara semena-mena, karena dianggap tidak sepaham dengan kemauan Kepala Desa.


Randi, salah seorang warga yang mengikuti aksi demo mengatakan, mereka menuntut agar Bupati Deliserdang menon-aktifkan Kepala Desa Sei Karang, Muhamad Nuh karena sudah berlaku semena-mena terhadap sejumlah perangkat desa.

"Kepala Desa satu persatu memecat aparatur desa dari Bendahara, Sekdes, Kaur Pemerintahan dan Kaur Pelayanan karena tidak sepaham, juga terkait proyek pengelolaan Dana Desa yang mana Kades ingin mengelola sendiri tidak mau melibatkan perangkat desa dalam pelaksanaannya dengan alasan tidak percaya terhadap perangkat desanya dan Kepala Desa juga kerap meminta Uang Dana Desa  dari Bendahara tanpa musti memakai kwitansi keperluan, oleh karena itu Bendahara menolaknya dan dianggap tidak patuh hingga dipecat," ucap Randi.

Puluhan warga melakukan orasi sambil mengusung poster bertuliskan pecat Kepala Desa Muhamad Nuh dan kecaman lainnya.

Aksi warga ini berjalan tertib dengan pengawalan petugas Babinkamtibmas dan Babinsa Desa Sei Karang. Usai melakukan orasi dan menyampaikan aspirasi mereka pun membubarkan diri namun menyebutkan akan melakukan aksi di Kantor Bupati Deliserdang terkait mendesak pencopotan jabatan Kepala Desa Sei Karang ke Kantor Bupati Deliserdang pada Rabu (29/7/20) nanti.

Camat Galang, Marzuki, ketika dikonfirmasi metrokampung, Senin (27/7/20) mengatakan, seharusnya warga tidak melakukan demo dan kedepankan musyawarah.

"Seharusnya warga tidak harus mendemo Kepala Desa Sei Karang, dan kita kedepankan musyawarahlah dan lagi masalah Dana Bumdes dan Dana Desa di Sei Karang itu khan sudah sampai ke Polresta Deliserdang," jelas Marzuki.

Terkait aksi warga ini Kepala Desa Sei Karang Muhamad Nuh masih belum bisa memberikan klarifikasi pada wartawan, dan sekedar informasi pada September 2019 lalu oknum Kepala Desa Sei Karang Muhamad Nuh juga sempat berseteru dengan sejumlah awak media yang tergabung dalam Wartawan Unit Polres Deliserdang, terkait pemberitaan proyek pembangunan Desa menggunakan Dana Desa tahun 2019 lalu.(Bobby/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini