SUMUT

NASIONAL

Pertama di Kabupaten Asahan Pembibitan Pisang Barangan Merah

Senin, 17 Agustus 2020 | 20.44 WIB
Kali Dibaca |


Asahan, Metrokampung.com
Bupati Asahan meninjau pengembangbiakan pisang lewat kultur jaringan di laboratorium PT Hijau Surya yang berlokasi di Kelurahan Sei Renggas, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Sabtu (15/8/2020).

Labiratorium PT Hijau Surya tersebut memproduksi bibit pisang barangan merah komersil secara global untuk petani di Kabupaten Asahan.

"Laboratorium ini merupakan pembibitan pisang komersil pertama di Kabupaten Asahan untuk diproduksi bagi masyarakat petani di Kabupaten Asahan, "kata Bupati Asahan Surya.

Masih kata Bupati Asahan, dengan adanya laboratorium pembibitan pisang, diharapkan produksi pisang barangan dapat meningkat.

"Laboratorium ini merupakan pembibitan pisang merah dan nantinya pisang barangan merah ini akan disalurkan kepada petani di Kabupaten Asahan sehingga dapat meningkatkan penghasilan masyarakat, "sebutnya.

Sementara itu pimpinan PT Hijau Surya, Irwansyah Tjong mengatakan laboratorium ini mengembangbiakan dua jenis pisang melalui kultur pisang barangan merah dan pisang ameh pasaman.

"Kita berharap PT Hijau Surya menjadi sumber benih pisang komersil di Kabupaten Asahan maupun diluar Kabupaten Asahan, "ungkapnya.

Ia juga mejelaskan pengembangbiakan pisang lewat kultur jaringan dimulai sejak tahun 2018 dan ditargetkan tahun 2020 bisa menghasilkan 10 ribu tunas sampai  20 ribu tunas bibit pisang.

"Satu pohon pisang barangan merah bisa menghasilkan 20 kg dan dalam dua tahun bisa dilakukan tiga Kali panen yaitu bulan ke 10, ke 15 dan bulan ke 20, "paparnya.

Selanjutnya Irwansyah Tjong mengatakan PT. Hijau Surya juga siap untuk melakukan Mou dengan masyarakat Asahan dalam pengembangan pohon pisang sekaligus pendampingan dan siap menampung hasil panen sebagai wujud kepedulian PT Hijau Surya kepada masyarakat, "ujarnya. (AS/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru