SUMUT

NASIONAL

Imbas Pandemi Covid Pabrik PT CKI Didemo Ratusan Buruh

Selasa, 06 Oktober 2020 | 00.24 WIB
Kali Dibaca |

Demo buruh di depan pabrik PT CKI Tanjung Morawa.

Tanjung Morawa, metrokampung.com
Ratusan buruh yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Cabang SBSI 92 Kabupaten Deli Serdang menggeruduk pabrik PT Citra Kencana Industri (CKI) yang berlokasi di Jalan Industri, Desa Tanjungmorawa B, Kabupaten Deli Serdang, Senin (5/10/20).

Dalam mimbar bebas yang mereka gelar di depan pintu masuk pabrik, sejumlah massa SBSI 92 menyuarakan tuntutannya.

Diantaranya meminta perusahaan memberikan hah-hak normatif mereka yang selama ini belum terealisasi.

Di antara hak-hak yang belum di penuhi pihak perusahaan antara lain belum membayar upah sesuai UMSK, cuti haid bagi buruh perempuan, belum dibayarnya cuti tahunan kepada buruh yang telah mencukupi masa kerjanya, buruh yang belum didaftarkan pada kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan kesehatan atau dengan kata lain hanya sebagian buruh yang didaftarkan pihak perusahaan.

Salah satu Koordinator Aksi sekaligus Bendahara DPC SBSI 92 Deliserdang, Martin Silitonga dalam orasinya mengatakan, mereka mendesak pihak perusahaan memberikan hak-hak normatif yang selama ini belum dijalankan oleh pihak perusahaan.

“Salah satu rekan kami Tengku Zulfadli yang pekerja selama 2 tahun di PT Citra Kencana Industri di PHK secara sepihak tidak diberikan pesangon atau hak-hak sebagai buruh,” teriaknya.

Sementara, Indra Safii, Personalia PT Citra Kencana Industri yang menerima delegasi buruh berdalih saat ini perusahaan tidak mampu memenuhu apa yang menjadi tuntutan pihak buruh ke perusahaan dikarenakan masa Pandemi Covid-19.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru