Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Menjadi Narasumber, Bupati Dairi Beri Semangat Dan Motivasi Bagi Peserta Basic Training HMI Dairi

Senin, 16 November 2020 | 03.08 WIB
Kali Dibaca |


TWI Sitinjo, metrokampung.com
Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menjadi narasumber dalam kegiatan Basic Training Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Dairi pada Sabtu (14/11/2020) di Taman Wisata Iman (TWI) Sitinjo. Dalam paparan materinya sebagai narasumber, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan tentang peran pemuda di dalam pembangunan dimana sebagai pemuda harus berperan dalam memajukan pembangunan di Indonesia khususnya di Kabupaten Dairi. Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam paparannya memberikan gambaran tentang 3 kepemimpinan di dalam era yang berbeda, yakni kepemimpinan Ir. Soekarno, kepemimpinan Soeharto dan kepemimpinan Joko Widodo.

Dari 3 pemimpin tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan bahwa kepemimpinan di masa Joko Widodo yang saat ini menjadi Presiden Indonesia membawa kepemimpinan kepada era Perubahan yang sangat memberikan dampak bukan untuk Indonesia tapi juga untuk seluruh dunia. Era perubahan tersebut dikatakan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu terjadi yang paling utama akibat dari teknologi yang berkembang secara pesat sehingga mau tidak mau membuat lingkungan kita juga berubah. 

‘Akibat dari perubahan tersebut, masa depan menjadi sangat sulit diprediksi. Seperti halnya covid-19 yang terjadi saat ini, seorang Presiden tidak akan mampu mengetahui kapan akan berakhirnya masa pandemi ini walaupun sudah menyiapkan obat obat untuk mencegahnya,” ujar Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Akibat dari dampak perubahan teknologi tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan membuat pola hidup juga menjadi ikut berubah tanpa kita sadari.

Pada jaman sebelum teknologi berkembang dengan pesat, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menuturkan belum ada yang namanya berkirim surat untuk bertanya kabar ataupun ingin meminta sesuatu hal yang penting, kalau sekarang sudah bisa melalui handphone untuk bertanya kabar. 

“Dulu kalau mau dengar musik pakai kaset yang ada pita, sekarang sudah bisa dengar di handphone yang bisa diputar kapan saja. Dulu kalau mau baca buku pergi ke perpustakaan, sekarang sudah bisa baca buku handphone ataupun di ipad sehingga bisa dibawa kemana mana,” ungkap Beliau.

Di utarakan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu untuk menjadi seorang pemimpin dimasa yang akan datang tidak akan mudah karena akan berhadapan dengan orang orang yang berpikiran milenial dan era kepemimpinan satu arah perlahan akan mulai menghilang yang digantikan dengan pemimpin Era 4.0. 

“Akibat perubahan perubahan yang terjadi tersebut, maka para adik adik yang hadir dalam kegiatan ini harus siap untuk ikut berubah. Kalau dulu orang ketika di test ada IQ (Intelligence Quetient), kemudian EQ (Emotional Quetient), sekarang harus ada AQ (Adaptibility Quetient) yakni kemampuan atau kecerdasan seseorang untuk dapat bertahan menghadapi kesulitan. Ini juga menjadi penting ketika anda menjadi pemimpin di masa yang akan datang,” jelas Beliau.

Oleh karena itu, kepada generasi muda yang hadir dalam kegiatan basic training tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu berpesan agar mengisi masa muda dengan pengetahuan, ketrampilan dan prinsip prinsip dengan mengikuti acara acara seperti yang sedang berlangsung saat ini untuk dapat menjadi pemuda yang tangguh di masa yang akan datang. Beliau juga dalam kesempatan tersebut berpesan kepada para generasi muda untuk menjauhi narkoba karena akan menghancurkan masa depan para generasi muda. Pesan berikutnya disampaikan Beliau adalah agar bijak dalam memilih lingkungan yang baik, misalnya di lingkungan HMI yang membuat generasi muda memiliki dasar dasar yang kuat. 

“Hati hati dengan hoax, teliti dengan informasi yang diperoleh di handphone kita masing masing, pelajari terlebih dahulu kebenaran dari info yang diterima tersebut,” pungkas Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam paparannya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dairi Mahadi Kudadiri, SH, Ketua HMI Sumatera Utara M.Alwi Hasbi Silalahi serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.(vikram/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru