Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Tembok Penahan Tebing di STM Hilir Ambruk

Kamis, 07 Januari 2021 | 22.07 WIB
Kali Dibaca |

Kondisi bangunan tembok penahan tebing yang ambruk. Padahal barusan selesai dikerjakan dan diserahterimakan pemborong kepada Dinas PUPR Kabupaten Deli Serdang.
STM Hilir, metrokampung.com
Tembok penahan tebing yang berada di Desa Negara Beringin, Dusun IV Sinar Kemenangan, Kecamatan STM Hilir, Kabupaten Deli Serdang mendadak amblas dan ambruk. Bahkan satu unit truk colt diesel yang sedang berada di tempat itu nyaris masuk ke jurang.

Padahal proyek tembok penahan tebing itu baru saja selesai dikerjakan dan diserahterimakan pemborongnya kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Deli Serdang. 
 
Informasi diperoleh proyek itu dikerjakan oleh rekanan CV Riski Amanda dengan nilai angggaran sebesar Rp 960 juta diusulkan melalui Dinas PUPR Deli Serdang TA 2020. 
 
"Kabarnya baru beberapa hari diserahterimakan rekanan ke dinas terkait sudah amblas dan ambruk," kata Luhut Situmorang, warga sekitar, Rabu (6/1/21) sore.
 
Diungkapkan Luhut, amblasnya bangunan tembok bukan disebabkan karena dilintasi truk pembawa sawit, namun diduga pihak rekanan tidak menggunakan bahan material sebagaimana mestinya sebagai isi kontrak pekerjaan.
  
"Saya menduga rekanan tidak seutuhnya memasukkan  material sesuai dengan surat kontrak yang telah disepakati dengan dinas terkait,"duga Luhut.
 
Karenanya, warga di sana minta aparat Kepolisian dan Kejaksaan menyelidikan ambruknya dinding tembok penahan tebing di tempat mereka.
  
"Sehingga nantinya diketahui siapa yang menyalah dalam proyek ini,"tambah Pak Tarigan, warga lainnya.
 
Kepala Desa Negara Beringin, Timbul Tarigan SE berharap kepada penegak hukum agar turun ke lokasi untuk mengetahui siapa saja yang terlibat di dalam proyek tersebut.
 
Sementara Pitri selaku pejabat Pelaksana Tehnis Kegiatan Dinas PUPR Kabupaten Deli Serdang menjelaskan via ponsel bahwa pihaknya segera memerintahkan rekanan untuk memperbaikinya ulang karena masa uji cobanya belum selesai.
 
Sedang Habibi Aswin, Kepala Bidang (Kabid) Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Deli Serdang tidak berhasil dikonfirmasi. Panggilan hape masuk, namun tak diangkatnya.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru