Kapolres AKBP Ikhwan Lubis, SH, MH Berikan Tali Asih Kepada TKI

Editor: metrokampung.com


Batu Bara, Metrokampung.com
Tenaga Kerja Indonesia (TKI) pulang kampung diberi ongkos dan tali asih oleh Kapolres Batu Bara AKBP  Ikhwan Lubis SH, MH. 

Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, SH, MH memberikan uang ongkos dan tali asih untuk  2 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI)  yang sempat tertangkap satuan reskrim Polres Batu Bara 2 bulan lalu.

Sulitnya mencari pekerjaan, sebanyak  17 orang tenaga kerja asal Jawa dan Aceh sempat tertangkap satuan reskrim pada dua bulan yang lalu, namun  uniknya, Kapolres Batu Bara  memberdayakan para pekerja untuk menjadi pekerja bangunan di Makopolres sebagai buru bangunan , yang mayoritas pekerja ini menguasai pembuatan bangunan.

Setelah memulangkan 14 tenaga kerja asal Jawa Tengah terdiri dari para wanita dan peria,  ke daerah asalanya, saat ini tersisa 3 tenaga kerja asal Aceh yang pulang kedaerahnya.

Ketiga orang ini  Iskandar Husni (30) Iskandar  Yusuf ( 40 ) dan Ida seorang janda berusia 28 tahun. Pasalnya mereka bekerja menjadi buruh bangunan samapai selesai pembuatan bangunan Satuan Reskrim batu bara tepatnya belakangan gedung utama Mako Polres resort Batub Bara.

Iskandar Yusuf  dan kedua temanya  mengatakan, kami akui  kalau Kapolres Batu Bara ini sangat lah baik hati, setelah kami ditangkap karna ingin berangkat mencari kerja di Malaysia, kami tak tau lagi harus bagai mana, sulitnya mencari pekerjaan di kampung di tambah lagi berurusan dengan hukum karna ilegaloging membuat kami terpuruk dan pasrah dengan keadaan. 

Namun nasib berkata lain, Kapolres yang baik hati ini menyarankan selama peroses hukum berjalan  kami disarankan untuk bekerja di sini, sebagai buruh bangunan yang sama apa bila kami ke Malaysia pun akan bekerja yang sama sebagai buruh bangunan. Seandainya kami pulang dengan kegagalan kami juga malu kepada keluarga, lantas inisiatif ini kami lakukan dengan mengikuti saranya bekerja di sini.

"Selama dua bulan kami bekerja, kami berhasil mengumpulkan gaji dan oleh oleh untuk keluarga di kampung, dan saatnya kami ingin pulang ke kampungpun Kapolres yang baik ini memberikan tambahan tali asih juga ongkos buat kami. Luar biasa Kapolres ini," ungkap Yusup dengan kagum.

Diruang kerjanya Kapolres Batu Bara AKBP  Ikhwan Lubis, SH, MH  yang  ditemui TKI  mengatakan," ini juga suatu bakti sosial, dimana kita harus peka dalam membantu warga yang kesusahan. Bukan hanya masyarakat disini saja namun seluruh masyarakat di Indonesia ini selagi kita mampu untuk memberi lakukan lah," ujarnya.

"Merekah yang sudah tertipu juga berharap  ingin membahagiakan keluarga, dengan bekerja di sini mereka bisa lebih terlindungi, kalau di negara asing, apakah mereka bisa menjamin keselamatan diri ? Itu  tidak bisa di jamin, kalau mereka bekerja di Indonesia ini mereka lebih bisa di tanggung jawapi, saya sarankan bagi seluruh pekerja yang  ingin keluar negri, agar bisa melengkapi legalitas   kerjanya, agar dinas tenaga kerja bisa bertanggung jawab kepada para TKI, namun kalau ilegal seperti ini akan mendapat kesusahan maupun tak ada jaminan apa pun dari pihak penyalur," jelasnya.

"Maka janganlah lagi melakukan hal yang melanggar hukum, bekerja dengan baik kalau kita yakin Allah pasti akan tunjukan jalan kita. Karna rezeki kita takan tertukar kepada orang lain kalau kita mau berusaha," tutup Kapolres. (MK/DS )

Teks fhoto= Kapolres AKBP Ikhwan Lubis, SH, MH saat berikan tali asih.
Share:
Komentar


Berita Terkini