Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Krisis Air Bersih, DPRD Medan Segera Bentuk Pansus

Minggu, 28 Maret 2021 | 00.29 WIB
Kali Dibaca |

Wakil Ketua DPRD Medan Ihwan Ritonga.


Medan, Metrokampung.com
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan Ihwan Ritonga SE menyambut baik wacana pengalihan operasional Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi dikelola Pemerintah Kota (Pemko) Medan.

Bahkan Ihwan Ritonga mendorong agar DPRD Medan segera membentuk panitia khusus (Pansus) guna menyelesaikan krisis air bersih Kota Medan.

“Selama ini di kota Medan terjadi krisis air bersih. Warga prasejahtera selalu mengeluhkan buruknya pelayanan air bersih. Keluhan itu patut kita sikapi dan kita tindak lanjuti, ” ujar Ihwan Ritonga kepada wartawan di Medan, Sabtu (26/3/2021).

Dikatakan Ihwan Ritonga, Pansus akan bekerja lebih fokus dengan tugasnya bagaimana mengatasi masalah air bersih di Kota Medan. “Terlepas itu masalah krisis air diselesaikan oleh Pemko Medan atau PDAM Tirtanadi. Tetapi Pansus, fokus harus bekerja mencari solusi demi kepentingan warga Medan,” terang Ihwan Ritonga.

Apalagi tambah Ihwan, saat reses DPRD Medan, warga Medan selalu mengeluhkan krisis air bersih di Kota Medan. Masih banyak rumah warga yang belum terpasang saluran air bersih. Bahkan, yang sudah terpasangpun kualitas airnya sangat buruk yakni sering macat dan berlumpur.

“Selama ini memang DPRD Medan hanya sebatas mengkritisi dan memberi saran. Namun kali ini kita melakukan action yakni dengan membentuk Pansus,” ujar Ihwan Ritonga yang juga Ketua DPC Partai Gerindra itu.

Dikatakan Ihwan, pihaknya akan segera melakukan rapat koordinasi rencana pembentukan Pansus kepada sesama pimpinan DPRD dan pimpinan Fraksi di DPRD Medan. “Target kita krisis air bersih di Medan dalam kepemimpinan Walikota Medan Muhammad Robby Afif Nasution ini bisa segera teratasi,” sebut Ihwan.

Menurut Ihwan, sangat beralasan jika PDAM Tirtanadi yang selama ini dikelola Pemerintah Provinsi Sumatera Utara beralih ke Pemko Medan. Dimana hampir 80 % pelanggan air minum PDAM Tirtanadi adalah warga Medan.

 “Jadi wajar saja Pemko Medan paling bertanggungjawab dan peduli terhadap warganya jika mengeluhkan air bersih,” tandas Ihwan Ritonga.

Sebelumnya, Anggota Komisi I DPRD Kota Medan, Mulia Syahputra Nasution SH, mengatakan guna maksimal pelayanan berupa ketersediaan air bersih kiranya pengelolaan PDAM Tirtanadi dikelola Pemko Medan.

Bahkan tudingan miring manajemen PDAM Tirtanadi juga kerap melakukan kebijakan-kebijakan yang tidak berpihak kepada pelanggannya. (Ra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru