Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Wabup Deliserdang Resmikan Sentra Ternak Dompet Dhuafa di Hamparan Perak

Sabtu, 27 Maret 2021 | 09.27 WIB
Kali Dibaca |

Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar meresmikan program sentra ternak DD Farm di Desa Bulu Cina, Kecamatan Hamparan Perak.

Hamparan Perak, metrokampung.com
Wakil Bupati Deli Serdang HM. Ali Yusuf Siregar meresmikan program sentra ternak Dompet Dhuafa Waspada yang dinamakan Dompet Dhuafa Farm (DD Farm) di Desa Bulu Cina, Kecamatan Hamparan Perak, Rabu (24/3/21).
 
Adapun program tersebut merupakan kerjasama Dompet Dhuafa yang ada di pusat dengan dompet dhuafa Waspada dengan mengimplementasikan pengelolaan dana zakat yang berfokus pada ranah pemberdayaan ekonomi.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan mengatakan Keberadaan Dompet Dhuafa Waspada selama ini memberi arti tersendiri bagi masyarakat. Hal ini dapat terlihat dari eksistensinya, baik dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

 "Dan dompet dhuafa waspada kembali  berinovasi dengan meluncurkan dan menghadirkan program sentra ternak. Tujuannya untuk mengajak masyarakat dalam mengembangkan peternakan, yang nantinya terintegrasi sebagai prioritas utama dalam menggerakkan roda ekonomi dan memberikan manfaat bagi  masyarakat  khususnya  bagi  kaum  dhuafa,”ungkap HM Ali Yusuf Siregar.
 
Pemkab Deli Serdang, mengapresiasi atas didirikannya sentra ternak  ini. Dan berharap keberadaan sentra ternak ini, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan didalam membudidaya ternak, yang muara akhirnya dapat menambah penghasilan dan meningkatkan kesejahteraan para peternak.
 
"Seturut dengan maksud dan tujuan didirikannya sentra ternak di Desa Bulu Cina Kecamatan Hamparan Perak ini"ungkap HM Ali Yusuf Siregar.

Direksi Dompet Dhuafa Udi Tri Kurniawan mengatakan program Dompet Dhuafa Farm ini selaras dengan cita-cita Dompet Dhuafa yang berada di Pusat,yaitu untuk menggerakan roda perekonomian masyarakat.

“Program Dompet Dhuafa Farm bertujuan mengajak masyarakat untuk mengembangkan peternakan terintergrasi sebagai prioritas utama dalam menggerakan roda ekonomi dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” katanya.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada, Sulaiman mengatakan pada 2021 ini, Dompet Dhuafa secara serentak membangun sentra ternak di 12 titik di Indonesia. Sumatera Utara menjadi salah satu lokasi sentra ternak domba dan kambing dengan rencana populasi hewan seribu ekor.

Dengan hadirnya program sentra ternak tersebut juga nantinya akan menjadi pemasok sebaran hewan kurban untuk masyarakat sekitar.  “Kehadiran Dompet Dhuafa Farm juga diharapkan dapat memperluas sebaran Tebar Hewan Kurban pada masa hari Raya Idul Adha nanti,”lanjut Sulaiman.
 
DD Farm bukan hanya sebatas penjualan kambing namun lebih dari itu. 
 
“Nantinya DD Farm berencana memproduksi pupuk, pakan hingga tanaman pangan, dalam ekosistem ternaknya. Karenanya, DD Farm juga akan menjadi Edu Farm, tempat belajar beternak bagi siapapun,” tuturnya.
 
Hadir pada peresmian Dompet Dhuafa Farm ini, Staf Ahli Gubernur Sumatera Utara Bidang Pendidikan, Kesehatan, dan Infrastruktur,  Kaiman Turnip, Pimpinan Umum Harian Waspada, Rayati Syafrin, Kadis Pendidikan H. Timur Tumanggor, Kadis Pertanian Kamaluddin, Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR, A. Ismail, Pimpinan Cabang BSI KC Adam Malik, Zul Irfan Lubis, Manager Humas Bank Indonesia, Edwin Nurwansyah, Perwakilan Biro Kesekretariatan PTPN III, Jaka Kesuma, Camat Hamparan Perak Eko Sapriadi beserta muspika, Kades Bulu Cina Ramiyadi beserta perangkat desa.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru