DPRD Desak OPD Pemko Medan Berkolaborasi Tingkatkan PAD

Editor: metrokampung.com

Ketua Komisi I DPRD Medan Rudyanto Simangunsong.


Medan, Metrokampung.com
Anggota DPRD Medan Rudiyanto Simangunsong SPdI mendesak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Medan untuk benar-benar meningkatkan perannya dalam upaya mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD).Desakan ini disampaikan Rudiyanto saat ditanya terkait lemahnya aparat Pemko Medan dalam penertiban reklame bermasalah di Kota Medan. 

"Keinginan besar Wali Kota Medan saat ini, bagaimana PAD yang dihasilkan bisa maksimal dengan potensi yang ada. Namun sepertinya kita belum melihat ada upaya kesungguhan dari OPD dalam mendukung semangat Wali Kota Medan ini," ucap Rudiyanto kepada wartawan di Medan, Kamis (1/4/2021).

Ketua Komisi I DPRD Medan ini mengatakan, perlu adanya kolaborasi diantara OPD dalam upaya meningkatkan PAD sesuai apa yang dinginkan Wali Kota Medan. "Badan Pengelola Pajar dan Retribusi Daerah (BPPRD-red)  dan Satpol PP harusnya berkolaborasi dalam upaya mewujudkan keinginan Wali Kota Medan. Mereka bisa bekerjasama mana objek-objek pajak yang menyalahi ketentuan sehingga memudahkan penindakan. Dengan kerjasama seperti ini maka kebocoran PAD akan bisa dihindarkan," jelasnya.

Dalam upaya peningkatan PAD dan penegakan perda serta penertiban papan reklame yang menyalah perlu kiranya Satpol PP  tidak tebang pilih.

"Kalau di lapangan ada kendala kami pikir kalau solusinya adalah berkoordinasi dengan aparat keamanan kami pikir itu dapat dilakukan agar tujuan peningkatan PAD sebagaimana niat saudara Wali Kota dapat direalisasikan," jelasnya.

Politisi PKS ini menekankan, Satpol PP dan OPD teknis lainnya seharusnya tidak perlu takut dalam menertibkan objek-objek pajak yang bermasalah, seperti Reklame dan bangunan. 

"Saya yakin Wali Kota Medan tidak tinggal diam, OPD harusnya berani dan Power Full dalam melaksanakan dan mewujudkan keinginan Wali Kota Medan menata Kota Medan," ungkapnya.

Terkait kemungkinan adanya oknum aparat di dalam yang bermain sekaitan dengan adanya bangunan dan reklame tak berizin di Kota Medan, Rudiyanto mengatakan pihaknya sangat yakin Wali Kota Medan memiliki cara untuk menyelesaikannya. 

"Bagi kami, oknum yang bermain jelas menghambat program yang akan diwujudkan maka tidak ada cara lain mereka selayaknya tidak berada ditempatnya sekarang. Dan dengan kondisi hari ini, Wali Kota Medan ditantang untuk membereskan aparaturnya yang menyalah," tegasnya. (Ra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini