Kecamatan Medan Timur dan P3SU Gotong Royong Massal

Editor: metrokampung.com

Gotong royong massal di jalan Ampera,  Kelurahan Gelugur Darat I, Kecamatan Medan Timur, Minggu (4/4).



Medan, Metrokampung.com
Jajaran Kecamatan Medan Timur termasuk Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) melakukan gotong royong massal di jalan Ampera,  Kelurahan Gelugur Darat I, Kecamatan Medan Timur, Minggu (4/4). Gotong royong ini salah satu upaya menjaga kebersihan lingkungan, selain itu juga bertujuan untuk mewujudkan program Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, SE, MM di bidang Infrastruktur dan penanganan banjir.

Selain Kecamatan Medan Timur, gotong royong yang dipimpin Camat Medan Timur, Odie Batubara ini juga melibatkan masyarakat sekitar dan ormas laskar merah putih. Tampak hadir Wali Kota Medan diwakili Kabag Tapem M. Rasyid Ridho Nasution guna memantau langsung pelaksanaan gotong royong massal. Selanjutnya dengan menggunakan peralatan sederhana masyarakat dan petugas gotong royong membersihkan saluran drainase dari sampah, rumput liar dan sendimen.

Di sepanjang jalan Ampera ini masyarakat kerap membuang sampah di saluran drainase. Apalagi pasca ditertibkannya bangunan ilegal yang berada di atas tanah milik PT Kereta Api. Oleh karena itu Jajaran Kecamatan Medan Timur melakukan gotong royong massal ini untuk membersihkan saluran drainase dan memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke drainase.

Camat Medan Timur Odie Batubara, mengungkapkan gotong royong ini dilakukan selain mewujudkan program Wali Kota Medan juga sebagai wujud menjaga kebersihan lingkungan, apalagi di lokasi ini masyarakat kerap membuang sampah di drainase sehingga mengakibatkan genangan air di lokasi tersebut. Selain itu sendimen di saluran drainase juga cukup tinggi sehingga air yang akan mengalir ke hilir melambat dan terjadi genangan. 

"Kami tetap melakukan peremajaan saluran drainase di lokasi ini, akan tetapi hasilnya tidak maksimal karena dilakukan secara manual dengan alat sederhana. Artinya dibutuhkan alat berat untuk mengangkat sendimen yang sudah tinggi. Oleh karena itu kami akan mengusulkan ke Dinas PU untuk membantu pengorekan sendimen, "kata Odie.

Kemudian Odie juga menjelaskan bahwa pihaknya telah rutin mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa jangan buang sampah sembarangan dan parit bukan tempat sampah. Hal ini juga sejalan dengan program Wali Kota Medan guna mewujudkan Medan bersih dan bebas dari sampah dan bebas banjir. "Kita jaga kebersihan Infrastruktur dari sampah dan sendimen sesuai dengan Visi Misi bapak Wali Kota," jelas Camat Medan Timur.

Sementara itu salah satu warga yang ikut bergotong royong, Suhaimi Padang, mengungkapkan kegiatan ini sangat membantu dalam mewujudkan lingkungan yang bersih. Artinya gotong royong ini dapat membuat saluran parit di lingkungannya bersih, apalagi di tempat ini sering terjadi genangan air yang membuat warga kurang nyaman. Oleh sebab itu dirinya dengan suka cita bersama warga lainnya ikut membantu membersihkan saluran parit dari sampah dan sendimen.

"Kami berterima kasih kepada pak Wali Kota Medan dan Wakil Wali Kota serta jajaran Kecamatan Medan Timur yang sudah memprogramkan gotong royong di lingkungan ini. Diharapkan gotong royong ini apalagi dengan keikutsertaan warga dapat mengatasi permasalahan sampah dan genangan air yang terjadi selama ini," katanya.

Selanjutnya Camat Medan Timur juga menginstruksikan sampah dan sendimen hasil gotong royong massal langsung diangkut ke dalam truk milik Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan. Artinya jangan sampai dibiarkan di pinggir jalan.(Ra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini