Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Kejari Deli Serdang Sosialisasi Peran JPN kepada OPD

Kamis, 15 April 2021 | 20.21 WIB
Kali Dibaca |

Kajari Deli Serdang, Jabal Nur melakukan sosialisai peran kejaksaan sebagai Jaksa Pengacara Negara (JPN)  di Aula Cendana Kantor Bupati.

Lb Pakam, metrokampung.com
Kejaksaan Negeri (Kejari) Deliserdang mensosialisasikan peran kejaksaan sebagai Jaksa Pengacara Negara (JPN) dalam pembangunan di Deli Serdang kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Deli Serdang di Aula Cendana Kantor Bupati daerah itu, Kamis (15/4/21).
 
Kegiatan tersebut dengan turut dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari)  Deli Serdang, Jabal Nur, Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan, Sekda  Deli Serdang Darwin Zein, Inspektur Deli Serdang Edwin Nasution, Kasi Datun Kejari Deli Serdang, Fahri Ramadhani, dan sejumlah kepala OPD lainnya.
 
Kajari Deli Serdang, Jabal Nur, menyampaikan fungsi lain jaksa khususnya dibidang perdata dan tata usaha Negara. Baik pelaksanaan tugas, fungsi dan wewenang, aspek teknis, administrasi maupun teknis juridis.
 
"Kegiatan hari ini adalah sosialisasi tugas dan fungsi kejaksaan di dalam perdata dan tata usaha negara. Tujuannya dalam membantu pembangunan Kabupaten Deli Serdang, sehingga tidak ada pelanggaran-pelanggaran yang bertentangan dengan hukum," kata Jabal Nur.
 
Dijelaskan Jabal Nur, Perdata dan Tata Usaha Negara Bidang (Datun) dapat memberikan pemecahan masalah atas berbagai problem yang timbul dalam proses pembangunan.
 
Jabal Nur juga berharap sosialisasi tersebut dapat memberikan pemahaman terhadap seluruh pimpinan OPD tentang gambaran hukum yang dapat berdampak positif terhadap pelaksanaan pembangunan. Kemudian berkordinasi dengan Kejari Deli Serdang setiap adanya permasalahan.
 
"Sosialisasi termasuk pencehahan, sehingga kesadaran hukum dalam melakukan kegiatan- kegiatan (melanggar) bisa diminimalisir," papar Jabal Nur.
 
Sebelumnya, Bupati Deli Derdang H Ashari Tambunan menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas terselenggaranya kegiatan tersebut.
 
Ashari pun berharap, Kejaksaan dapat memberi penjelasan seluas-luasnya soal fungsi dan manfaat Datun.Sehingga dapat menambah ilmu dan wawasan baik pribadinya maupun selaku pimpinan OPD.
 
"Saya berharap kepada yang hadir agar memanfaatkan momentum ini. Tujuannya agar ada penjelasan dan pegangan dalam proses pemerintahan termasuk dalam proses pembangunan,"papar Ashari.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru