Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Toga Pakpahan Resmi Dikukuhkan di Karimun

Senin, 12 April 2021 | 15.06 WIB
Kali Dibaca |



Karimun, Metrokampung.com
Punguan Toga Pakpahan di Karimun resmi dikukuhkan setelah dibentuk pada Tanggal 27 Maret 2021, peresmian Toga Pakpahan turut dihadiri Marga Gultom dan Samosir, anak pertama dan anak ke dua dari Pinompar Raja Sonang,Minggu (11 /4.2021).
  
Pomparan Toga Pakpahan anak ke 3 dari jumlah 4 bersaudara dari keluarga besar  OP.Raja Sonang /br.Tindaon, karna itu 
Marga  Pakpahan  terbentuk  dan diresmikan di Karimun merupakan suatu sejarah setelah 15 tahun yang lalu di rencanakan, namun atas  gagasan Abang Beradik dari Marga Pakpahan dan didukung boru, bere,Vibebere yang  memiliki kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan setia kepada UUD 1945.

Dari pola pikir marga Pakpahan yang ber jiwa besar, sabar, pemikir yang  cerdas, dalam menghadapi tantangan, dan selalu hidup yang saling menghormati antar sesama umat manusia yang diciptakan Tuhan. 

Terbentuknya dan diresmikan di Karimun Pomparan Toga Pakpahan, anak laki laki dan anak perempuan dari keturunan  Op.Datu Ramot Pakpahan sebagai Nenek leluhur Marga Pakpahan.



Meskipun nama Op. Ramot Pakpahan sejak ratusan tahun sudah dipanggil Tuhan Yang Maha Kuasa, namun keturanan Marga Pakpahan di Karimun, sudah lumayan  banyak sehingga Toga Pakpahan di Karimun resmi  dikukuhkan oleh abang kami marga Gultom dan setia kepada NKRI.

Perlu diingat, Toga Pakpahan adalah  keturunan seorang anak raja yang bertujuan menjalin persatuan dan kesatuan  yang erat dan kuat dan menjungjung tinggi  adat istiadat. 

DALIAHAN NA TOLU dalam istilah bahasa batak berarti Somba Marhula Hula, Elek mar Boru, Manat mardongan tubu. di  pungauan Toga Pakpahan wajib mentaati anggaran Dasar, Anggaran Rumah tangga sesuai kesepakatan anak, boru, bere dan ibebere.

Acara peresmian yang di selenggarakan di jalan.Pelipit Rt 02 Rw 03 Sungai Lakam Timur Karimun dan terbentuk lah susunan kepengurusan Toga Pakpahan priode 2021 -2023 yaitu:
1.M.Pakpahan sebagai Ketua 
2.A.Pakpahan sebagai wakil Ketua
3.Sitompul Sebagai Bendahara
4.UPH.Manalu sebagai Sekretaris.

”Jadi punguan Toga Pakpahan pungun sosial sesama marga Pakpahan baik anak laki laki maupun anak perempuan yang  saling mendukung sesama punguan. Mari kita  saling mengasihi dan tekun lah  dalam Doa,” ucap M.Pakpahan selaku ketua Toga Pakpahan.(Marolop/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru