Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Minim Dana Perawatan Mobdis Kesehatan Deli Serdang Terduduk di Halaman Kantor

Rabu, 30 Juni 2021 | 21.50 WIB
Kali Dibaca |

Sebagian mobdis yang terduduk di kantor Dinkes Deli Serdang.

Lb Pakam, metrokampung.com
Diduga kurangnya perawatan dan tidak tersalurnya dana perawatan sebagaimana mestinya, sebanyak 10 unit mobil dinas (mobdis) Kesehatan Deli Serdang dari berbagai jenis mengalami kerusakan cukup parah dan terduduk. Sehingga tidak bisa dioperasikan sama sekali.
 
Pantauan wartawan, selain terancam menjadi besi tua  mobil-mobil tak terawat tersebut dibiarkan terlantar  di parkiran halaman kantor Dinas Kesehatan. 
 
Kondisinya sangat kotor berdebu dan berkarat, karena terkena hujan dan panas. Ini membuktikan mobil-mobil itu cukup lama tak terpakai. Mobil yang tidak terawat tersebut mayoritas ambulan. Bahkan, beberapa unit sudah ditumbuhi rumput dan bannya dalam keadaan kempes.
 
Menurut keterangan Bahtera Barus, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) yang menangani seluruh kenderaan Dinas Kesehatan Deli Serdang, mobil-mobil tersebut kebanyakan berasal dari puskesmas.
 
Bahtera pun menyayangkan tidaknya adanya perawatan yang dilakukan pihak puskesmas, sehingga mobil-mobil tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah.
 
Selain itu Bahtera yang juga menjabat sebagai Kepala UPT Labkesda Dinkes Deli Serdang juga menuturkan jika mobdis tersebut telah berusia tua dan akan segera dilelang.
  
"Kebanyakan berasal dari puskesmas. Penyebabnya karena kurangnya perawatan. Usia mobil juga sudah tua rata-rata buatan Tahun 1997 dan segera kita usulkan untuk dilelang,"jelasnya ketika dikonfirmasi via selular.
 
Namun Bahtera sempat tergagap dan memilih bungkam saat ditanyakan apakah selama ini dana perawatan dan perbaikan mobdis tersebut tidak tersalur dengan baik.
 
"Nanti saya sampaikan ke kadis dan sekretaris dinas ya,"kata pria yang juga menjabat sebagai sekretaris koperasi Dinkes Deli Serdang itu sambil mematikan hapenya.  
 
Terpisah Ketum LSM Solidaritas Anak Negeri Pemantau Asset Negara Republik Indonesia (Sanpan RI), Aspin Sitorus menyesalkan banyak mobdis yang terduduk dan dibiarkan siang malam kehujanan karena tidak dikandangkan.
 
"Seakan mobdis rusak dan terduduk itu sengaja dipamer di halaman kantor dinas. Sejatinya digudangkan atau dilelang cepat. Sehingga negara mendapat pemasukan dan tidak rugi seperti saat ini. Dikemanakan anggaran untuk mobil dinas tersebut, sehingga mobil-mobil itu mengalami kerusakan yang cukup parah. Apakah digunakan atau masuk ke kantor pribadi oknum,"tandas Aspin.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru