Wabup DS : Tahun 2021 Sejumlah UKM Naik Kelas

Editor: metrokampung.com
Wabup Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar membuka rapat pleno semester I TPAKD di Balairung.

Lb Pakam, metrokampung.com
Pemkab Deli Serdang menggelar rapat pleno semester I Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Tahun 2021 dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) HM Ali Yusuf Siregar di Balairung Pemkab setempat, Selasa (29/6/21).
 
Turut hadir secara virtual Reza Leonhard O. M selaku Kepala Sub Bagian Kemitraan, Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Daerah mewakili Direktur Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 5 Sumbagut.  
 
Wabup HM Ali Yusuf Siregar dalam sambutannya menyampaikan bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai sebuah regulator keuangan  yang mempunyai program prioritas terhadap peningkatan literasi keuangan dan perluasan akses masyarakat terhadap industri keuangan formal.

 "Hal ini merupakan salah satu upaya peningkatan literasi dan inklusi keuangan agar berlangsung dengan lebih terstruktur dan sistematis. Seperti yang kita ketahui bahwa semakin tinggi tingkat literasi keuangan akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat," kata Yusuf Siregar.
 
Oleh karena itulah, tambahnya, berbagai rangkaian kegiatan untuk mensosialisasikan layanan keuangan terus dilakukan oleh OJK yang didukung penuh oleh Pemkab Deli Serdang.
 
Menurutnya, tak kalah penting edukasi tersebut ditujukan kepada kelompok masyarakat yang sejauh ini jarang bersentuhan dengan Lembaga Jasa Keuangan (LJK).Seperti kelompok tani, nelayan, pedagang dan lainnya.
 
Kata Yusuf, tingkat literasi kelompok masyarakat tersebut tidak begitu bagus. Pemanfaatan jasa keuangan oleh kelompok-kelompok masyarakat tersebut juga tidak banyak.Sehingga literasi keuangan harus dapat mengedukasi masyarakat agar dapat menentukan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan.
 
Dijelaskan Yusuf Siregar, program kerja tim percepatan akses keuangan daerah Kabupaten Deli Serdang di Tahun 2021 adalah menargetkan UMKM naik kelas dengan indikator kerja yakni Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir (KPMR) sebanyak 5 UMKM, penginputan dan fasilitas KUR untuk UMKM potensial pada Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) sebanyak 50 debitur, UKM Go Export sebanyak 2 UKM, serta memberikan asuransi usaha tani padi, asuransi usaha ternak sapi untuk 450 orang dan asuransi nelayan untuk 700 orang.
 
Reza Leonhard O M melaporkan hasil penilaian atas laporan kinerja dari TPAKD Deli Serdang yaitu posisi di triwulan I dimana posisi TPKAD Deli Serdang berada di peringkat ke 2 dari 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara.

“Sudah dilaporkan kepada Sekda dan Asisten Provinsi Sumatera Utara.Rencananya pada tahun ini akan dibuat TPKAD Award tingkat Provinsi Sumatera, 33 kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara ini akan berkompetisi," Reza Leonhard.
 
Sebelumnya, Kabag Perekonomian dan SDA Setdakab Deli Serdang, Sri Ekayani, dalam laporannya mengatakan,tujuan pelaksanaan rapat pleno TPAKD Semester I Kabupaten Deli Serdang untuk mensinkronisasikan dan me-review target triwulanan ataupun semester TPAKD.
 
"Agenda pembahasan dalam rapat ini adalah mereview capaian target triwulan II dan pembahasan target capaian TPAKD triwulan III,"tutur Ekayani.
 
Terlihat hadir Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, H Jentralim Purba, Kadis Koperasi dan UKM Hj Rabiatul Adawiyah Lubis, Kadis Perikanan Syahrifah Alwiyah, perwakilan OPD dan pihak perbankan yang menjadi anggota TPKAD Deli Serdang.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini