Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Pelantikan Pengurus PUNGUAN SIMBOLON DOHOT BORUNA INDONESIA (PSBI) Wilayah Kabupaten Labura Terlaksana Dengan Sukses

Jumat, 09 Juli 2021 | 04.13 WIB
Kali Dibaca |


Kanopan, metrokampung.com
Punguan Simbolon Boruna Indonesia (PSBI) di wilayah Aek Kanopan Kabupaten Labuhan Batu Utara telah dilantik di Aula serba guna HKBP Jln. Gazali Sinaga Aek Kanopan, Rabu (7/7/2021) pukul 08 S/d selesai.

Susunan kepengurusan PSBI wilayah Kanopan diisi oleh Ketua Amri Simbolon, Sekretaris Haposan Simbolon, Bendahara Reslina Br. Simbolon.



Ketua terpilih PSBI wilaya Kanopan Labura, Drs Amri Simbolon menyampaikan arahan nyae, dengan terbentuknya PSBI di Kabupaten Labura ini kiranya dapat menjadi wadah pemersatu bagi keluarga  dan keturunan marga Simbolon secara khusus dan juga menjadi bagian pemersatu masyarakat Labura secara umumnya.

PSBI juga harus ikut serta berpartisipasi mendukung pemerintah dalam memajukan pembangunan di kabupaten Labura.
"Saya juga menyarankan kiranya melalui wadah PSBI ini kita dapat menggali dan mengembangkan potensi sosial budaya adat suku batak yg memiliki tiga rangkaian kasih dalam DALIHAN NATOLU :
- Manat mardongantubu
- Somba marhulahula
- Elek marboru.

Demikian juga potensi sosial ekonomi dan pendidikan demi kemakmuran Keturunan Marga Simbolon dan masyarakat Labura.

"Untuk selanjutnya kami sebagai pengurus terpilih akan melakukan kunjungan ke daerah daerah mencari dan mendata keturunan marga Simbolon, Boruna, berena dan Ibabere agar dapat bergabung diwilayah PSBI Labura," tutup Amri.

Ketua Umum PSBI DR.Efendi Muara Sakti Simbolon berpesan, marilah kita lebih mempererat tali silaturahmi, tali asih kekeluargaan didalam tubuh PUNGUAN SIMBOLON DOHOT BORUNA SE INDONESIA (PSBI). Kiranya melalui wadah PSBI kita dapat saling mengenal satu sama lain walaupun jarak wilayah kita berjauhan namun semuanya akan menjadi dekat didalam tubuh PSBI agar kita dapat saling tolong menolong/ MARSIURUPAN sesama pomparan ni Oppu BOLON Simbolon tua se-Indonesia bahkan seDunia.

Dan ada lagi hal yang tak kala pentingnya agar kiranya PSBI tetap ikut serta berkontribusi mendukung pemerintah didalam memajukan pembanguan bangsa dan negara dan ikut serta menjaga kesatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia NKRI dengan menjauhkan sikap sikap anarkis dan tindakan teroris yg dpt menggangu ketenteraman negara Republik Indonesia," tutup Ketum.

Pelantikan pengurus ini juga diikuti secara Virtual oleh Wakil Presiden Prof Ma’ruf Amin, dan sambutannya dalam pembukaan pelantikan kepengurusan di wilayah Se Indonesa. Wapres bangga dan berharap PSBI  agar menjaga konsep Dalihan Natolu tetap dirawat jaga dengan baik, karena pesan moral dan budayanya sangat tinggi, dan untuk itu jadikanlah Paguyuan ini menjadi sumber Kerukunan Nasional jadi teladan dan PSBI tetap menjaga keharmonisan kemasyarakatan berbasis kekerabatan.

Wapres juga menambahkan banyak nya suku ras dan agama di Negara kita ini, mempersatukan kita supaya lebih memahami dan menghargai  Antara suku, Agama dan Ras," tutup Wapres.
(Metrokampung/Suandi Simbolon)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru