Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Rapat Paripurna V Tentang Penyampaian Nota Keuangan Walikota Pematangsiantar Dihadiri Wakil Walikota Togar Sitorus, SE, MM

Selasa, 13 Juli 2021 | 18.53 WIB
Kali Dibaca |


Siantar, Metrokampung.com
Wakil Walikota Pematangsiantar mengikuti rapat paripurna V tentang penyampaian nota keuangan Walikota Pematangsiantar atas ranperda kota Pematangsiantar tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2020, Senin (12/07/2021)

Walikota yang diwakili Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus, SE, MM  menyampaian nota keuangan atas rancangan peraturan daerah (RANPERDA) tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Pematangsiantar kali ini merupakan pelaksanaan ketentuan sebagaimana diatur pada pasal 320 ayat (1) undang-undang no. 9 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas undang-undang no. 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, yang menegaskan bahwa kepala daerah wajib menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan apbd kepada DPRD berupa laporan keuangan yang telah diperiksa oleh badan pemeriksa keuangan (BPK). 



Dari substansi pasal tersebut maka dapat disimpulkan, penyampaian pertanggungjawaban pelaksanaan APBD pada esensinya merupakan kewajiban pemerintah daerah untuk menjelaskan kinerja pelaksanaan APBD kepada DPRD dan masyarakat, sekaligus merupakan wahana evaluasi penilaian kinerja pemerintahan untuk periode satu tahun anggaran. 

Kota Pematangsiantar saat ini diarahkan pada upaya peningkatan pendapatan per kapita masyarakat yang dibarengi oleh modernisasi dan pertumbuhan ekonomi dengan men perhatikan aspek pemerataan pen dapatan (income equity), kesempatan kerja, laju pertumbuhan penduduk, dan perubahan struktur ekonomi daerah. Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir kinerja perekonomian kota pematangsiantar menunjukkan terjadinya peningkatan, hal ini terlihat dari makin meningkatnya nilai PDRB Kota Pematangsiantar. 

Hal ini mengindikasikan bahwa kebijakan dan program pembangunan yang dilaksanakan mampu mendorong perkembangan perekonomian kota pematangsiantar, yang dari sisi makro ekonomi memperlihatkan trend perkembangan yang makin meningkat. Salah satu faktor yang memberikan dampak pada peningkatan tersebut adalah perkembangan investasi, baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun swasta telah mampu memberikan kontribusi yang positif bagi perekonomian Kota Pematangsiantar.

Turut hadir Pj. Sekda Kota Pematangsiantar Zulkifli, S.IP, MM, Asisten dan staf ahli kota Pematangsiantar, OPD Kota Pematangsiantar, Camat Pematangsiantar dan BUMD kota Pematangsiantar.(sugianto/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru