Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Warga Desa Pagar Jati Minta Sawung di Atas Saluran Irigasi Dibongkar

Selasa, 27 Juli 2021 | 09.41 WIB
Kali Dibaca |

Warga menolak bangunan sawung ini berada di atas saluran irigasi.

Lb Pakam, metrokampung.com
Bangunan sawung yang berada di atas saluran irigasi Desa Pagar Jati Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang diminta untuk segera dibongkar.
 
Desakan tersebut disampaikan sejumlah petani dan warga desa tersebut.
 
Mereka khawatir bangunan sawung itu bisa mengakibatkan sumbatnya aliran irigasi. Apalagi saluran irigasi tersebut merupakan satu-satunya yang ada di desa mereka.
 
Sehingga keberadaannya sangat dibutuhkan para petani di sana.
 
"Selain melanggar aturan dan kepantasan, bangunan sawung tersebut juga sangat tidak etis di bangun di atas irigasi,"bilang Gultom, salah seorang warga di sana.
 
Sejatinya, sambung Gultom, sebelum dibangun dipikirkan dulu.  
 
"Jangan ujung-ujungnya berakhir seperti ini yakni penolakan dari warga,"tambah warga lainnya bermarga Sihombing, Selasa (27/7/21).
 
Disebutkan warga, pembangunan sawung tersebut kabarnya menggunakan alokasi dana desa (ADD).
 
"Waktu dibangun ada plank nama proyeknya dan kami liat sumber dananya dari ADD,"ungkap warga seraya menyebutkan pembangunan sawung di tempat itu diduga ada kepentingan oknum kepala desa mereka. 
 
"Karena sawah kepala desa ada di lokasi sekitar sawung itu. Jadi bisa aja sawung dipakai untuk tempat melihat-lihat sawahnya dan sesekali dijadikan tempat berkumpulnya para petani. Apalagi kabarnya di daerah itu mau dijadikan lokasi wisata sawah,"tutur Sitorus.
 
Sementara Pelaksana Teknis Kegiatan Dinas Pertanian Deli Serdang, Tiurma Ida Tampubolon dengan tegas melarang adanya bangunan di atas saluran irigasi. 
 
"Apapun alasannya tidak dibenarkan adanya bangunan di atas saluran irigasi. Jelas itu menyalah,"ujar Tiurma seraya menuturkan pihaknya akan turun ke lapangan untuk mengecek sawung di atas saluran irigasi tersebut.
 
"Kami akan cek bangunan itu,"janji wanita berkaca mata itu ketika dikonfirmasi wartawan.
 
Anehnya, Kepala Desa Pagar Jati, Erlianto terkesan tidak senang wartawan memberitakan bangunan Sawung di atas irigasi.
 
"Masih yang salah-salah di atas sana, kenapa bangunan itu aja yang diributi," ujar pensiunan tentara yang telah 5 tahun menjadi Kepada Desa Pagar Jati. Erlianto merupakan ipar dari mantan Bupati Serdang Bedagai, Soekirman. (dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru