Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Mahasiswa KKN Unimed 2021 Melakukan Pengabdian Masyarakat di Aek Paing

Minggu, 22 Agustus 2021 | 11.47 WIB
Kali Dibaca |


Labuhanbatu, metrokampung.com
Dalam rangka melakukan pengabdian masyarakat atau sering dikenal dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Mahasisa Unimed di desa Aek Paing , Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara. Kelurahan Aek Paing terletak disudut kota Rantauprapat, didaerah tersebut banyak terdapat beberapa UMKM, mulai dari UMKM kerupuk, es krim,dan ada beberapa UMKM lainnya.sedangkan jarak dari daerah tersebut kekota kabupaten Labuhanbatu berjarak kurang lebih 12 km.

Waktu pelaksanakan KKN Unimed tersebut dimulai tanggal 23 Juli – 16 Agustus  dan mahasiswa yg melaksanakan kkn tersebut sebanyak 8 orang. Adapun perogram yang mereka lakukan sesuai atas visi dan misi kkn unimed 2021 yaitu ‘ membangun dari desa menuju sumut yang bermartabat’ .program yang mereka rancang yaitu program mengajar anak anak disekitar desa mulai dari paud,tk,sd dan smp, mensosialisasikan arti penting dari virus covid 19, membuat pelatihan kerajinan tangan untuk warga sekitar, dan kunjungan kebeberapa UMKM dan perdampingan.
Dilansir pada jumat 20/08 mahasiswa unimed telah menjalankan seluruh program pekerja yang telah mereka berbuat dan itu mendapat sambutan hangat dari warga sekitar. Program yang mereka rancang secara menyeluruh bisa dibilang sukses,karena dapat menolong dan membantu warga sekitar untuk memberikan edukasi. Adapun program yang merekan lakukan yaitu : 
1. Mengajarkan anak anak disekitar daerah aek paing, secara bertahap dengan menggunakan prokes yang ketat. Banyak anak anak yg antusias dengan program kerja yang dirancang,karen sistem yang digunakan sangat menarik.sistem pengajaran dibuat dengan cara pengajaran yang santai.
2.Sosialisai tentang arti pentingnya covid kebeberapa desa didaerah tersebut, disini mahasiswa kkn beserta dampingan lurah didesa aek paing mengenalkan penyakit virus covid 19 dan memberikan informasi tentang tata cara untuk mencegah virus covid 19, program ini dilakukan dibebrapa desa,dan dilakukan secara bergatian untuk tiap desa.
3.Mahasiswa unimed juga mengajak warga sekitar untuk senam sehat pada hari jumat,melakukan kegiatan gotong royong dan langsung turung ketiap tiap rumah warga untuk membagikan masker dan handsainytizer.

Sehubungan dengan program tersebut yang telah dilaksankan oleh mahasiswa KKN UNIMED diharapkan dapat membantu masyarakat dalam penangangan covid 19 didesa aek paing.(Oen/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru