Kepala Desa Kelambir Kecamatan Pantai Labu Serahkan Bantuan Ke Kelompok Wanita Nelayan

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang, metrikampung.com
Dalam upaya memberdayakan Kelompok Wanita di desanya, Selasa (30/4/2024) Kepala Desa Kelambir Kecamatan Pantai Labu Sahrial SE menyerahkan bantuan kepada Kelompok Wanita Nelayan berupa peralatan memasak. 

Bantuan berupa Kompor gas, tabung gas, kuali, Timbangan kue, blender dan lainnya serta modal usaha di serahkan Sahrial SE di kantor desa setempat di saksikan Officer Ekonomi YNLM(Yayasan Nurani luhur Masyarakat) Rikardo.

Pada kesempatan itu tiga kelompok wanita nelayan Desa Kelambir yakni Kelompok Putri Deli, Pecah Seribu dan Ibu Kreatif menerima bantuan dari kepala desa.


Kepala Desa Kelambir Sahrial SE mengatakan Bantuan ini di serahkan kan kepada Kelompok Wanita Nelayan dengan tujuan memberdayakan para wanita yang merupakan istri-istri nelayan Desa Kelambir untuk dapat mandiri membuat peluang usaha di rumahnya.

Ini juga untuk membantu perekonomian di keluarganya, kata Sahrial.Bantuan ini berasal dari Dana desa Kelambir, tambahnya. 

Kelompok Wanita Nelayan ini sudah beroperasi sejak setahun lalu dan sudah menghasilkan kan beberapa produksi rumahan.

Hasil usaha dari para kelompok Wanita Nelayan ini berupa peyek udang kecepe, Roti ketawa, kembang loyang, kripik pisang, Kekaras, kue penyaram dan lainnya selain sudah di kenal warga sekitar  sudah juga masuk ke dinas Koperasi Deli Serdang, sebutnya.

Insha Allah nanti nya akan kami masukan atau kami pamerkan di kegiatan pemerintah kabupaten atau pemerintahan Kecamatan, imbuhnya.

Ada nya kelompok Wanita Nelayan ini berkat peran  Dari Yayasan Nurani luhur Masyarakat (YNLM) untuk memberdayakan kaum wanita Desa Kelambir.

Saya berharap bantuan ini dapat di manfaatkan sebaik-baiknya serta dapat memajukan usaha, saya juga berharap dengan adanya usaha dari Kelompok Wanita Nelayan ada lahir pengusaha baru dari desa ini, tutupnya.

Officer Ekonomi YNLM Rikardo menuturkan Kami dari YNLM yang berkedudukan di Kecamatan Pantai labu yang merupakan Yayasan untuk memberdayakan masyarakat di tiga desa di Kecamatan ini.

Tiga desa yang merupakan binaan YNLM adalah Desa Bagan Serdang, Desa Rantau Panjang dan Desa Kelambir.

Adapun kegiatan pemberdayaan yang kami lakukan adalah di bidang Pendidikan , kesehatan, pertanian dan lainnya. 

Untuk di Desa Kelambir ini kami melihat ada potensi yang bisa di kembangkan para wanita kelompok Tani , oleh karena itu kami lakukan pembinaan sejak satu lalu hingga sekarang. 

Kami lakukan pembinaan seperti menciptakan peluang usaha pembuatan kuliner rumahan seperti pembuatan Peyek udang kecepe, roti ketawa , kembang goyang , kue khas Melayu Kekaras , Penyaram dan lainnya.

Pada tahap pertama kita memberikan sedikit modal usaha alhamdulilah hingga saat ini mulai berkembang apalagi kepala desa turun membantu memberi peralatan lengkap untuk produksinya. 

Untuk selanjut nya kami terus lakukan pembinaan terhadap Kelompok Wanita Nelayan ini agar usaha mereka dapat berkembang, tandasnya.

Ketua Kelompok Wanita Nelayan Putri Deli Maya mewakili kelompok lainnya mengucapkan terima kasih kepada kepala Desa Kelambir dan YNLM yang telah memberi bantuan alat dan uang  dan Pembinaan kepada kami selaku kelompok Wanita nelayan. 

Dahulu nya kami tidak mengerti tentang membuat usaha seperti pembuatan makanan, ' Alhamdulillah hingga saat ini sudah bisa membuat beberapa jenis makanan, katanya.

Kami sudah setahun di bina oleh kades dan YNLM, dan kami pun sudah di undang di Dinas koperasi Deli Serdang untuk memamerkan produk yang kami buat, ujarnya lagi.

Saat ini usaha kami ini sudah di kenal dan di beli masyarakat sekitar desa.Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada kepala desa Kelambir Sahrial SE dan Bapak Rijardo dari YNLM yang telah membina kami, dan ini nanti nya akan kami kembangkan terus untuk menciptakan peluang usaha yang muaranya untuk menambah perekonomian keluarga para kelompok Wanita nelayan dan warga lainnya, tukas Maya.(Lubis/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini