Polres Batubara Sita Berbagai Dokumen dari Inspektorat

Editor: metrokampung.com

Batubara - Metrokampung.com
Guna mendalami kasus dugaan korupsi dana desa (DD) yang menjerat Kades Durian Sei Balai Hariadi serta auditor Inspektorat Batubara, tim Reskrim dipimpin langsung Plt. Kasat Reskrim AKP Herry Tambunan didampingi Kanit Tipikor Iptu S Tambunan dan anggota menyita dokumen dari kantor Inspektorat Kab Batubara, di Indrapura, Kec Air Puti, Senin (13/8).

Sebelumnya pada hari yang sama  setidaknya  6 orang ASN  Inspektorat Pemerintah Kabupaten Batubara dan 5 dari 6 Kepala Desa di Kecamatan Sei Balai dipanggil guna dilakukan pemeriksaan. Tidak hanya itu, penyidik juga membawa ASN  Inspektorat kelapangan guna menguatkan bukti.  Selain menyambangi kantor Inspektorat di Indrapura, tim penyidik juga mengunjungi berbagai kantor kepala desa.

"Hari ini yang kita panggil 6 Kepala Desa dan sekitar 6 orang ASN Inspektorat. Ini lagi mau kelapangan kita," kata Pjs. Kasat Reskrim AKP Herry Tambunan melalui  Kanit Tipikor IPTU S Tambunan, SH menjawab wartawan.

Pjs Kasat Reskrim AKP Herry Tambunan membenarkan sejumlah dokumen dari kantor Inspektorat disita.

Hari ini kata Kasat, pihaknya juga mengagendakan pemeriksaan sejumlah pegawai Inspektorat dan Kepala Desa di Kec Sei Balai. "Kita panggil, cuma belum semua terlihat datang", sebutnya.

Sebagaimana diketahui, 3 oknum  ASN  Inspektorat Pemerintah Kabupaten Batubara Suyono, Viktor Hutabarat dan Yandi Boy serta oknum Kades Desa Durian, Kecamatan Sei Balai Hariadi ditangkap oleh Personil Polres Batubara dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar pada hari Kamis (9/8/2018) sekitar pukul 13:00 wib di Kantor Desa Durian, Kecamatan Sei Balai. Dalam operasi tangkap tangan itu, turut diamankan uang sebesar Rp 4.200.000. Selain mengamankan uang, tim juga mengamankan beberapa dokumen serta satu unit mobil plat merah BK 1164 BB.

Salah seorang Kades terperiksa yang enggan menyebutkan namanya, kepada wartawan di Mapolres Batubara membenarkan dirinya diperiksa.

"Iya, saya diperiksa sebagai saksi terkait OTT Kades Durian HI. Pemeriksaannya sudah selesai", akunya.

Ia mengatakan, hari ini enam orang Kades se Kec Sei Balai dipanggil cuma lima orang yang hadir. Satu lagi ngak datang", katanya seraya berharap kasus ini tidak merembet.

Pantauan dilapangan, sejumlah pegawai Inspektorat tampak membawa setumpuk dokumen melaju memasuki ruang pemeriksaan.

Sedangkan beberapa orang pegawai lain beserta Kepala Desa menunggu disekitar kantor Polres Batubara. (Ebson AP/simon)
Share:
Komentar


Berita Terkini