Raker 3 Hari Anggota DPRD DS, Habiskan Anggaran Rp 500 Juta

Editor: metrokampung.com

Lubuk Pakam - metrokampung.com
Anggota DPRD Deliserdang menggelar Rapat Kerja (Raker) di Hotel Simalem Resort yang ada di Kabupaten Karo. Anggaran yang dihabiskan untuk perhelatan tersebut mencapai Rp 500 juta.

Puluhan kamar telah diboking oleh pihak Sekretariat DPRD. Kamar dipesan selama 2 hari untuk keperluan anggota dewan yang akan melakukan raker tahunan tersebut dimulai dari tanggal 3 hingga 5 September.

Salah satu anggota dewan, Marajaksa Harahap menjelaskan rapat kerja dewan bagednya sudah ditampung dalam APBD dan dilakukan setiap tahun. Politisi PKS ini mengakui pilihan tempat untuk pelaksanaan raker ini sengaja diusulkan oleh dewan.

Saat itu yang menjadi pilihan selain Simalem Resort juga ada pilihan lain termasuk The Hill dan di Kawasan Danau Toba.

"Dewan yang mengusulkan tapi sekretariatlah yang menentukan. Setiap tahun Raker dilaksanakan  dan di The Hill sudah dua kali dilakukan dan di Danau Toba juga sudah pernah sekali, makanya tahun ini di sana (Simalem). Mungkin barang kali seperti itu (kalau di kantor Rakernya kurang efektif). Mungkin kalau seperti itu (Rekreasi) baru (efektif). Kalau di kantorkan sudah sering,"kata Marajaksa Kamis (30/8/2018).

Dijelaskan anggota Komisi A ini, Rakor akan membahas persoalan rencana kerja dan laporan pertanggungjawaban seluruh alat kelengkapan seperti Badan Anggaran, Badan Musyawarah (Banmus), Komisi-Komisi dan Badan Kehormatan Dewan (BKD).

Rutinitas yang selama ini dilakukan seperti pelaksanaan Rapat Dengar Pendapat (RDP), kunjungan ke lapangan termasuk surat-surat masuk akan dibahas secara khusus.

Kasubag Protokoler Dewan, Buyung menambahkan pada dasarnya selain persoalan pertanggungjawaban kerja Raker dewan dilakukan untuk menyusun program kerja Tahun 2019. Hal ini sesuai dengan PP Nomor 12 tahun 2018 tentang perubahan Tata Tertib dewan. Ia menyebut kalau tahun lalu pelaksanaan Raker dilakukan di kawasan Danau Toba.

"Permintaan dewan makanya dibuat di Simalem karena tahun lalu di Danau Toba. Tiap tahun di luar Raker. Pertanggungjawaban dari November lah nanti dibahas juga. Satu dewan satu kamar, " kata Buyung.

Jumlah anggota DPRD Deliserdang saat ini ada sebanyak 48 orang. Total keseluruhan ada 50 orang. Hingga kini belum ada Pergantian Antar Waktu (PAW) yang dilakukan terhadap 2 anggota dewan telah yang meninggal dunia. Biayanya pun sudah disiapkan di APBD Deliserdang Tahun 2018.

Kabag Umum DPRD Deliserdang, Indrawansyah Putra menjelaskan kamar hotel yang mereka pesan untuk kegiatan Raker ini ada 58 kamar. Selain untuk dewan kamar juga diperuntukkan untuk staf.

Juga ada kamar yang disiapkan untuk Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan yang akan membuka acara. Diakui kalau anggaran untuk kegiatan Raker ini mencapai 500 juta.

"Hotelnya masih murah dikarenakan ini untuk pemerintah. Sekitar 1,7 juta gitulah perkamar. Satu dewan satu kamar. Dewan juga nanti dapat uang sakunya. Ya besarannya udah ada di atur di Perbup itu. Chek in hari Senin dan Chek Out hari Rabu,"kata Indra Kamis, (30/8/2018).

"Raker ini merupakan Raker periode keempat. Pada tahun-tahun sebelumnya Raker dilaksanakan di The Hill Sibolangit selama dua kali dan terakhir dilakukan di hotel kawasan Danau Toba.(dra)
Share:
Komentar


Berita Terkini