Deliserdang Optimis Raih Kembali APE 2018

Editor: metrokampung.com

Lb Pakam - metrokampung. com
Kabupaten Deli Serdang optimis akan kembali meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan (PP) dan Perlindungan Anak (PA) di Tahun 2018 ini. Diketahui bahwa Anugerah APE ini, pernah diraih Kabupaten Deli Serdang pada Tahun 2016 kemarin yang ketika itu Kabupaten Deli Serdang menerima Penghargaan APE Katagori Madya dari Kementerian PP-PA.

Karenanya dihadapan Tim Verivikasi APE 2018 APE yang beranggotakan dari Pakar Gender Nini Nirawati dan Ratna Uni Kholifah perwakilan dari Kementerian PP-PA, Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan Bersama Ketua TP PKK Ny Hj Yunita Ashari, Ketua KPU Deli Serdang Timo Dahlia Daulay serta para Pimpinan OPD menyampaikan hasil pelaksanaan program kegiatan pembangunan PP dan PA secara sistematis dan berkelanjutan di Kabupaten Deli Serdang, Selasa (23/10) di Aula Kaharuddin Nasution Kantor Gubernur Sumatera Utara.


Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan pada kesempatan itu menyampaikan bahwa saat ini Kabupaten Deli Serdang masuk sebagai nominator calon penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) yaitu berupa penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Provinsi dan Kabupaten Kota yang telah berkomitmen tinggi dalam pelaksanaan strategi Pengarustamaan Gender (PUG) dan Pemberdayaan Perempuan (PP) di berbagai sector.

“Saya menyikapi momen penghargaan ini tidaklah hanya sekedar untuk diraih, melainkan lebih jauh lagi untuk dapat meningkatkan pembangunan  PP-PA sebagai mana yang tertuang di dalam Nawacita dan Trisakti Presiden yang menekankan Negara hadir dalam setiap permasalahan rakyat”, ucap Kepala Daerah.

“Karenanya dalam pelaksanaan PUG PP di Kabupaten Deli Serdang sesuai dengan RP JMD yang tergambar dalam empat program yaitu pertama Program keserasian kebijakan peningkatan kualitas anak dan perempuan. Kedua Program penguatan kelembagaan PUG dan anak ketiga Program peningkatan kualitas hidup dan PP, keempat Program peningkatan peran serta dan kesetaraan gender dalam pembangunan”, jelas Bupati.

“Program ini tidak hanya dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan anak, melainkan bersinergi dengan OPD dan Lembaga lainnya yang diwadai melalui kelompok kerja, gugus tugas dan Forum koordinasi lainnya, yang mengantarkan OPD dan Lembaga lainnya dapat meraih penghargaan-penghargaan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing”, kata Bupati H Ashari Tambunan.

Sementara itu Ratna Uni Kholifah perwakilan dari Kementerian PP-PA mengatakan bahwa maksuda dan tujuan ini adalah untuk memverivikasi dan melihat lebih dalam langkah yang didata dari informasi yang telah dikirim ke Tim Verivikasi ini terkait pelaksanaan pengalokasian Pengarustamaan Gender di KAbupaten Deli Serdang.

Ini semua dengan harapan agar Tim memperoleh data dan informasi yang lebih lengkap sebagai bahan pertimbangan dalam menominasikan calon penerima APE Tahun 2018 yang akan diberikan oleh Presiden Republik Indonesia.(dra/mk/red)
Share:
Komentar


Berita Terkini