SUMUT

NASIONAL

Jurnalis Metrokampung Hadiri Raker DPW IWO Sumut

Senin, 03 Desember 2018 | 12.02 WIB
Kali Dibaca |


Berastagi - metrokampung.com
Rapat Kerja Dewan Pengurus Wilayah Ikatan Wartawan Online Sumatera Utara (DPW IWO Sumut)  masa bakti 2017-2022 menggelar Rapat Kerja (Raker) selama 3 hari Jumat hingga Minggu (23-25 November 2018) di Berastagi Kabupaten Tanah Karo.

 Ketua Panitia Raker, Fadli Syaputra menuturkan bahwa raker berjalan sukses dihadiri oleh para anggota IWO Sumut termasuk jurnalis metrokampung.com.

 "Bahwa acara Raker berjalan dengan baik terbukti dari jumlah peserta yang hadir membuktikan peserta antusias untuk mengikuti raker tersebut.  Tidak hanya itu,  Ketua IWO Sumut, pengurus dan para anggota IWO Sumut juga hadir sebagai peserta raker,"jelas Fadli.

 Ditambahkannya bahwa agenda raker diisi dengan sidang paripurna pertama, paripurna II hingga sidang paripurna III. Dalam sidang paripurna mambahas tentang agenda acara dan tata tertib sidang dan pengesahannya. Pembahasan peraturan organisasi dan pengesahannya.  Serta pembahasan proyek kerja kepengurusan dan jadwal proyek kerja dan pengesahannya.

 Sidang paripurna dipimpin Tim Administrasi Kesekretariatan DPW IWO Sumut, Iil Askar Mondza dan Ryan Achdiral Juskal.Sementara Ketua IWO Sumut Mei Leandha dalam sambutannya mengatakan bahwa tidak terasa hampir setahun dirinya memimpin DPW IWO Sumut. Banyaknya dinamika organisasi yang bermunculan mulai dari persoalan kecil secara internal,  tidak berfungsinya berbagai posisi struktural kepengurusan seperti wakil ketua dan sekretaris dalam menjalankan tugas dan wewenangnya.  Mengakibatkan minimnya garis koordinasi terhadap situasi dan kondisi yang terjadi.

 "Sampai harus dilakukannya restrukturisasi,  belum lagi persoalan berkembang lainnya yang memancing emosi,  menguras pikiran,  tenaga dan waktu. Namun akhirnya kita yang bertahan dan masih menjaga tujuan organisasi berkumpul hari ini di sini, " ujarnya.

 Agenda selanjutnya, lanjut Mei, adalah membersihkan nama IWO Sumut yang sebelumnya dikenal sebagai kumpulan "wargad" menjadi kumpulan jurnalis berkualitas,  layak dan idealis.  Ini bisa dibuktikan dengan bergabungnya media-media main stream yang dikenal sangat selektif dalam memilih organisasi tempatnya bernaung.  Apalagi kompetitor yang ada tidak bisa dipandang sebelah mata seperti PWI,  AJI dan lainnya.

 Berdasarkan hal-hal seperti yang disebut di atas, masih kata Ketua IWO Sumut,  beban awal diberikan kepada 4 bidang yang ada dalam struktur pengurus IWO Sumut yaitu bidang organisasi, kaderisasi dan keanggotaan (OKK)  yang dipimpin Prayugo Utomo dari Jawapos.com kemudian Bidang Penelitian, Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (Litbang dan SDM) dipimpin Bagus Syahputra dari Sumutpos. Co,  Bidang Hukum dan Hubungan Masyarakat antar lembaga yang dipimpin Fadli Syaputra dari Medanheadlines.com dan Bidang Hubungan Masyarakat dan Informasi Komunikasi (Humas dan Infokom)  yang dipimpin Rido Edward Sitompul dari sinarindonesiabaru.com.

Ketua IWO Sumut berharap pasca rapat kerja ini,  kerjasama dengan Pelindo 1 akan dilakukan dengan membentuk kelompok jurnalis pelabuhan yang juga akan melakukan UKW dan kajian tematik terkait kepelabuhan di wilayah kerja Pelindo 1. Proyek lainnya adalah bekerjasama melakukan identifikasi masalah di delapan Kabupaten yang berada di sekitar Danau Toba.

 "Out put-nya melahirkan solusi dan rekomendasi bersama,  kerjasama berkelanjutan dan buku yang menjadi bukti kerja julnalistik,"tegasnya.  (dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru