SUMUT

NASIONAL

Bhayangkari Cab. Batubara Fasilitasi Latih Keterampilan Penerima PKH

Kamis, 24 Januari 2019 | 16.42 WIB
Kali Dibaca |


Batubara - Metrokampung.com
Ketua Bhayangkari Cabang Batubara Ny. Vera Simatupang br. Pasaribu menyatakan siap memfasilitasi pelatihan keterampilan ibu-ibu penerima program keluarga harapan (PKH).

Demikian dinyatakan Kapolres Batubara AKBP Robin Simatupang, SH. M. Hum pada acara sosialisasi dan pemantapan PKH di Desa Ujung Kubu Kecamatan Nibung Hangus, Kamis (24/01/2019).

Dikatakan Kapolres pelatihan keterampilan terhadap ibu-ibu penerima PKH dimaksudkan untuk menambah perekonomian warga. Setelah mengikuti pelatihan diharap ibu-ibu dapat membuat usaha sendiri (home industri) di rumah masing-masing.

Ketua Bhayangkari Cabang Batubara Ny. Vera Simatupang br. Pasaribu diwakili Ny. Yusnila MA Ritonga, Ny  FY Tamba, dan Ny Yuni Ferrymon  mengungkapkan sejak 2018 Bhayangkari Cabang Batubara telah memiliki rumah kreatif.

Rumah kreatif yang berada di Desa Simpang Gambus Kecamatan Lima Puluh merupakan kerjasama Polres Batubara dengan PTPN III Medan.

Dirumah kreatif tersebut dipajang dan dijual hasil kreatifitas ibu-ibu Batubara seperti songket Batubara,  kerajinan tangan khas Batubara dan hasil kreatif lainnya.

Dijelaskan Ketua Bhayangkari, pelatihan keterampilan terhadap ibu-ibu penerima PKH akan difasilitasi rumah kreatif Batubara.

Para ibu nantinya akan dilatih keterampilan merangkai bunga, kerajinan tangan dari kulit kerang dan keterampilan lainnya.

"Nantinya ini kita harapkan menjadi icon Kabupaten Batubara," harap Ny Vera Simatupang br. Pasaribu melalui Ny Yusnila MA Ritonga.

Sementara mengenai modal usaha disebutkan Kapolres untuk tahap awal diharapkan memanfaatkan dana PKH yang diterima. Selanjutnya untuk pengembangan, kelompok dapat mengajukan proposal bantuan ke PTPN III Medan.

Kadis Sosial Pemkab Batubara Drs. Bahrumsyah  berharap dana PKH yang diterima dapat dimanfaatkan untuk hal-hal positif dan produktif. Apa yang disampaikan Kapolres agar dana dimaksud dimanfaatkan sebagai modal usaha ekonomi  kreatif  diharapkannya dapat dilaksanakan oleh warga.

Kadis memberitahukan bahwa telah banyak laporan yang mengungkapkan ada penerima PKH memiliki  sepeda motor dua, dan emas melilit. "Jangan salahkan pemerintah, akan datang tidak dapat lagi, sudah ada laporan ke Dinsos," sebutnya.

Kegiatan selain dihadiri Kapolres Batubara, Ketua Bhayangkari Cab. Batubara dan Kadis Sosial juga Camat Nibung Hangus, Para Kepala Desa,  ketua-ketua kelompok penerima PKH dan pendamping PKH desa. (ebson ap/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru