Desa Rantau Panjang Dicanangkan Sebagai Kampung Bersih Narkoba

Editor: metrokampung.com

Pantai Labu - metrokampung. com
Desa Rantau Panjang Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang dicanangkan sebagai desa Kampung bersih Narkoba atau yang disebut Desa “BERSINAR” (Bersih dari Narkoba), oleh Pangdam I BB Mayjen TNI Sabrar Fadhilah, bersama Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan, Senin (28/1), yang ditandai dengan pemukulan Gong.

Pencanangan Desa Bersih Narkaba tersebut dihadiri Kepala BNN Sumatera Utara Brigjen Marsauli SIregar, Ketua DPRD Deli Serdang Ricky Prandana Nasution, Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin, Ka BNN Deli Serdang AKBP Safwan Khayat, Kapolres Deli Serdang AKBP Eddy Shurianta Tarigan, Camat Pantai Labu Ayub, para Kepala Desa se Pantai Labu, tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan masyarakat Pantai Labu juga dirangkaikan dengan pelaksanaan pengobatan geratis, penyuluhan, penyerahan berbagai bantuan ternak, bibit ikan, tanaman dan bantuan CSR bedah rumah yang telah selesai dibedah menjadi rumah layak huni.


Untuk membuktikan bahwasannya Desa Rantau Panjang Kecamatan Pantai Labu sebagai Desa bersih Narkoba, Kepala Desa Rantau Panjang Muhammad Yusni bersama perwakilan masyarakat seperti Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, para Pemuda, para pelajar membacakan deklarasi Desa Bersih Narkoba.

Pada kesempatan itu Pangdam I BB Mayjen TNI Sabrar Fadhilah merasa bangga, terhormat, senang sebagai generasi tua atau orang tua, karena saya sebagai orang tua bagi anak-anak saya, bapak-ibu sekalai menjadi orang tua bagi anak-anak bapak ibu yang juga mempunyai kekuwatiran, semoga anak-anak kita generasi muda kita tidak terkena oleh narkoba ini.


“Kita semua menaruh harapan kepada generasi muda kita, kami percaya, bahwa yang mengganti berikutnya baik di Desa ini maupun di Negara ini adalah generasi para kaum muda, untuk itu kekuwatiran kami adalah menjaga itu semua, kedepan adalah anak-anak muda kita adalah generasi yang kuat, generasi yang tangguh yang tidak terkena oleh Narkoba”, lanjut Pangdam I BB.

“Seperti tadi kita lihat di Desa ini sudah bagus untuk membina masyarakat seperti diadakannya olahraga dan berbagai hal yang menumbuhkan semangat dan ketahanan pribadi anak bangsa, tetapi serangan narkoba ini tidak pernah berhenti, semakin kuat kita memberantasnya semakin kuat pula dia mencari caranya untuk mencari kelemahan kita menjadi pengguna narkoba”, katanya.

“Jadi teruskan penguatan diri sebagai individu-individu yang kuat, individu-individu yang tangguh dari berbagai aspek agama, kesehatan, budaya kepatuhan terhadap orang tua semua itu menjadi bagian dari yang tidak terpisahkan satu dengan yang lain”.

“Saya yakin dan percaya negara ini kuat kalu negara ini didukung oleh Provinsi-provinsi yang kuat, provinsi-provinsi itu kuat kalau didukung oleh Kabupaten/Kota nya juga kuat, Kabupaten/Kota nya kuat kalau Kecamtannya kuat, Kecamtannya kuat kalau Desa-Desanya kuat, jadi kalau dilihat Desa Rantau Panjang ini sudah memulai untuk langkah-langkah penguatan terhadap Desa”, ujar Jendral bintang dua itu.

“Kami disini sangat bersungguh-sungguh untuk menjadikan masyarakat yang sehat, masyarakat yang akan memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara dan pastilah daerah ini akan menjadi masyarakat yang terbebas dari Narkoba”, ucap Pangdam I BB.

Sementara Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan pada kesempatan itu mengajak masyarakat Deli Serdang untuk menjadikan kegiatan ini momentum baru untuk lebih menyemangati dan motifasi kita untuk menyadarkan diri dan keluarga dari penyalahgunaan pemakian Narkoba

“Mari jadikan momentum ini menjadi momentum baru untuk lebih menyemangati dan motifasi kita untuk menyadarkan diri dan keluarga dari penyalahgunaan pemakian Narkoba. Karena Narkoba sudah menjadi musuh kita bersama dan sudah sangat banyak kerugian yang didapatkan dari penyalahgunaan narkoba”.

Sementara itu Kasdin 0204/DS Mayor Inf Muhsin dalam laporannya menjelaskan bahwa dasar Desa Rantau Panjang Kecamatan Pantai Labu ini dijadikan sebagai Desa desa Kampung bersih Narkoba didasarkan bahwa tingginya penyalahgunaan Narkoba di Desa ini, dan besarnya kepedulian Kepala Desa Rantau Panjang Muhammad Yusni untuk memberantas penyalahgunaan narkoba di wilayahnya dengan bekerjasama dengan pihak BNN Deli Serdang, Polres Deli Serdang dan Kodim 0204/DS.

Usai meresmikan Desa bersih Narkoba, Pangdam I BB Mayjen TNI Sabrar Fadhilah, bersama Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan, dan undangan lainnya meninjau pelayanan kesehatan, KB Kes dan sosialisasi bahaya Narkoba serta peninjauan Badan Usaha milik Desa yang dikelola oleh eks pengguna Narkoba.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini