Menyikapi Hasil Survey Ombudsman, Bupati Karo Sidak Dinas Koperasi, Perijinan dan Dukcapil dan Berpesan : BERI PELAYANAN MAKSIMAL KEPADA MASYARAKAT

Editor: metrokampung.com
Bupati Karo, Terkelin Brahmana.SH Saat Meninjau Pelayanan Dukcapil Karo.

Karo-metrokampung.com
Menyikapi  hasil penilayan survey kepatuhan Standard  Pelayanan Publik yang dilakukan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Utara tahun 2018, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH gelar Sidak (Inspeksi Mendadak) terhadap tiga instansi pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo, Kamis (21/2).

Ketiga instansi yang disidak masing-masing, Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan UKM dan Dinas kependudukan dan Catatan Sipil serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu Kabanjahe.

Sidak yang diawali dari Dinas Ketanagakerjaan, Koperasi dan UKM yang berada di Jalan Pahlawan Kabanjahe ini Terkelin terlihat langsung memeriksa dan melihat fasilitas  pelayanan masyarakat di dinas terkait. Termasuk berbagai jenis pemberitahun atau pengumuman kepada publik untuk mempermudah pengurusan administrasi.

Bupati Karo,Terkelin Brahmana.SH Perintahkan Jajarannya Untuk Berikan Layanan Yang Prima Kepada Masyarakat.

Kepada Drs Sarjani Tarigan selaku Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan, Koperasi dan UKM Bupati menyarankan supaya jajarannya meningkatkan pelayanan publik di instasnsinya. Khusus untuk  pemberitahuan atau pengumuman kepada masyarakat, tempatkan ditempat yang strategis dan mudah dilihat publik “Supaya kalau ada masyarakat yang mau mencari informasi dan mengurus keperluannya ke dinas yang bersangkutan, mereka mudah melihatnya, sehingga mereka tidak perlu lagi bertanya kesana kemari,” ujar Terkelin.

Dan untuk memperindah fasilitas pelayanan sekaligus mempermudah masyarakat mendapatkan informasi, bupati menyarankan kepada Sarjani supaya membuat baner di depan kantornya dengan penataan yang rapi. Termasuk kebersihan kantor dan halaman juga jangan lupa menjaganya.

Menyahuti Bupati, Sarjani Tarigan mengatakan pihaknya siap melaksanakan instruksi bupati. Dan besok semua yang disampaikan bupati tadi, akan dilaksanakan. Khusus menyangkut pelayanan publik, Dinas Ketanaga kerjaan, Koperasi dan UKM selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Setiap urusan  apapun, termasuk urusan administrasi di kantor, kami tidak pernah kami biarkan berlarut-larut, pokoknya kalau ada masyarakat  yang datang  mengurus surat ketenaga kerjaan, menyangkut koperasi maupun UKM ,kami selalu cepat menanganinya,” ujar Sarjani.

Disinggung soal pelayanan berbasis on line di dinasnya, Sarjani mengaku akan secepatnya mempersiapkannya, Kalau memungkinkan  besok sudah kami koordinasikan dengan pihak terkait. “Untuk saat ini semua layanan informasi Dinas Ketenagaakerjaan, Koperasi dan UKM dapat dilihat di website, Pemkab Karo,” ujarnya.

Selanjutnya Terkelin yang saat itu mengenakan baju batikpun langsung menuju ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang berada disebelah Gedung DPRD Karo dan didampingi Camat Kabanjahe Leo Surbakti dan Anggota DPRD Karo Jhon Karya Sukatendel.

Pada kesempatan itu Bupati langsung menemui warga masyarakat yang sedang mengurus dokumen Kartu Keluarga. Saat berdialog Terkelin menanyakan kepada masyarakat yang tengah duduk berjejer menunggu giliran mengurus keperluannya. Menyahuti pertanyaan bupati salah seorang warga melaporkan, bahwa pihaknya sudah beberapa hari menunggu penerbitan kartu keluarga, namun sampai saat ini belum juga selesai, “Kami memohon supaya urusan kami secepatnya diselesaikan,” ucap warga.

Mendengar keluhan warga itu Terkelin langsung menanyakan kepada salah seorang ASN Dukcapil terkait keluhan warga. Setelah mendapat penjelasan dari pihak Dukcapil,  selanjutnya Bupati menyampaikan kepada warga, bahwa blanko KK baru dua hari sampai di dinas itu.
“Sebentar lagi kalian sudah mendapatkan kartu keluarga itu, karena balankonya sudah ada disini, harap bersabar ia,” kata Terkelin.

Dikesempatan itu Terkelin juga menginstruksikan kepada pihak  Dinas Dukcapil supaya jangan mempersulit urusan masyarakat. “Dan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi, secepatnya benahi fasilitas pengumuman/pemberitahuan. Untuk diluar didepan kantor segera buatkan  baner dengan disain yang bagus, supaya masyarakat cepat dan senang mendapatkan informasi,” saran Terkelin.

Sedangkan di kantor  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Satu Atap, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH sempat menemui ruangan pelayanan kantor itu kosong  melompong ditinggalkan pegawainya. Namun beberapa saat kemudian mengatahui bupati datang meraka buru-buru datang dan langsung menempati posisi kursi dan mejanya masing-masing. Tak berapa lama kemudian kepala Dinas itu Susi Iswara Bangun datang dari luar kantor.

Dikantor Dinas Perijinan,  bupati menekankan supaya selalu melayani masyarakat dengan ramah dan baik. Berikan pelayanan prima kepada mereka. Begitu juga fasilitas pengumuman pelayanan. Letakan ditempat yang mudah dilihat masyarakat, supaya mereka mudah membacanya, sehingga mereka mengerti dan paham melaksanakan kewajibannya,

Buat Banner design yang menarik, supaya publik senang melihat dan membaca pengumuman/pemberitahuan itu. Khusus diluar kantor buat baner dan letakan diposisi yang tepat, agar masyarakat mudah mengetahuinya,” ujar Terkelin.

Mendengar arahan  Terkelin Brahmana,SH, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanman Perijinan Terpadu Susi Iswara Bangun  menerima masukan dari bupati dan berjanji akan  secepatnya membuat baner pengumuman dan ketentuan pengurusan prijinan di dinasnya. (amr/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini