SUMUT

NASIONAL

ANGGOTA KOMISI V DPR RI JHONI ALLEN MARBUN HADIRI SOSIALISASI PROGRAM BEDAH RUMAH BSPS TAHUN ANGGARAN 2019

Kamis, 11 April 2019 | 19.02 WIB
Kali Dibaca |


Samosir, Metrokampung.com
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)terus berupaya mengurangi jumlah rumah tidak layak huni di Indonesia.Diantaranya melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang dikenal sebagai bedah rumah.

Sosialisasi Program Bantuan Bedah Rumah yang dananya bersumber dari pusat(APBN),digelar Kamis (11/04/2019) di halaman kantor desa unjur kecamatan simanindo dan dihalaman kantor desa panampangan kecamatan pangururan Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Dalam sambutannya Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR RI, Rubiyo menyatakan,Pada tahun 2019, pelaksanaan BSPS menggunakan Uang dalam bentuk tabungan untuk bahan bangunan dan upah kerja, dengan alokasi anggaran sebesar Rp 17,5 juta /satu unit rumah yang akan menyentuh 1154 unit rumah tidak layak huni di kabupaten samosir."Bantuan ini bertujuan sebagai stimulan kepada masyarakat untuk perbaikan rumah secara swadaya.Anggarannya cukup besar untuk membantu masyarakat agar memiliki rumah layak huni," kata rubiyo.



Lanjut Rubiyo,Program ini juga menjadi pendukung pencapaian target Program Satu Juta Rumah yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2015,dan progaram ini bersumber dari APBN," ujarnya.

Anggota komisi V DPR RI,Partai Demokrat Jhoni Allen Marbun dalam sambutannya menyampaikan, Program bantuan bedah rumah ini bertujuan agar terbangunnya rumah yang layak huni oleh Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang didukung dengan Prasarana, Sarana, dan Utilitas Umum (PSU) dari rumah yang sehat, aman, serasi dan layak huni.

Lanjut Jhoni Allen, Ayok...!Masyarakat Kabupaten Samosir yang telah diperjuangkan untuk dapat menerima program ini kiranya dapat bersyukur dan mengucapkan terima kasih Kepada Pemerintah Republik Indonesia.

"Saya tahu,bahwa program ini tentu belum bisa menuntaskan semua kebutuhan Kabupaten Samosir karena keterbatasan anggaran pemerintah,tetapi tahap demi tahap akan senantiasa diperjuangkan sehingga semua Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Samosir bisa tuntas dibedah,"ucap Jhoni Allen Marbun si Anak Guru dari Desa.

Sosialisasi dihadiri Anggota komisi V DPR RI,Jhoni Allen Marbun,Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR RI, Perwakilan Dinas Tarukim Kab.samosir,Perwakilan Dinas Tarukim Provinsi Sumatera Utara, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Samosir Rusel Baringin Jaya Sihotang,Kepala Desa Unjur,Kepala Desa Ambarita, Kepala Desa Panampangan, Kepala Desa, Pardugul, Kepala Desa Sitolu Huta, Pendamping Program Pelaksana Bedah Rumah, Warga Masyarakat Calon Penerima Bantuan Bedah Rumah Stimulan Swadaya.

(Hun's/ tim/Ton's)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru