SUMUT

NASIONAL

Bupati Dairi Lantik Pengurus Tim Penggerak PKK Dairi Masa Bakti 2019- 2024

Jumat, 24 Mei 2019 | 18.21 WIB
Kali Dibaca |


Dairi, metrokampung.com 
Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu melantik para pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi masa bhakti periode 2019-2024 pada Kamis (23/5/2019) di Balai Budaya Sidikalang. Pelantikan pengurus PKK tersebut yang dirangkaikan dengan pelantikan Bunda PAUD Kecamatan oleh Bunda PAUD Kabupaten Dairi dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Bunda PAUD Kabupaten Dairi Ny. Romy Eddy Berutu, Asisten dan Staf Ahli Bupati Dairi, Pimpinan OPD Kabupaten Dairi, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Dairi serta Camat Kabupaten Dairi.

 Bupati Dairi dalam sambutannya usai melantik pengurus Tim Penggerak PKK mengatakan 10 program pokok PKK bila dapat kita laksanakan secara maksimal akan sangat membantu mewujudkan pencapaian visi pemerintah kabupaten dairi sehingga tanpa terasa juga telah mencapai tugas-tugas yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah kabupaten dairi.

Melihat kondisi kabupaten dairi pada saat ini, Beliau mengatakan banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan dan dituntaskan yang diantaranya adalah bagaimana dengan segera meningkatkan pendapatan masyarakat yang muaranya dapat menuntaskan kemiskinan.

“Yang berikutnya dalah bagaimana dengan segera membereskan atau membenahi kualitas pelayanan publik karena itu adalah hak masyarakat untuk mendapatkannya,” ujar Beliau.

 Pekerjaan rumah berikutnya adalah bagaimana dengan segera meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat Dairi dari segi pendidikan maupun kesehatan sehingga kabupaten dairi dapat unggul dari kabupaten yang lain di seputarn danau toba bahkan di indonesia.

Oleh karena itu Beliau berharap kepada seluruh pemangku kepentingan agar mengambil peran masing-masing dan saling bekerjasama termasuk pengurus tim penggerak PKK yang telah dilantik. Kepada pemerintah desa, Beliau juga berharap agar dapat mengambil peran yang lebih besar lagi.

“Saya mengajak kembali agar peran kepala desa dan masyarakat desa harus segera dibangkitkan. Kepada para Camat Saya meminta untuk benar-benar memfasilitasi perancanaan anggaran dana desa agar benar-benar singkron dengan pembangunan daerah yang tertuang dalam RPJMD yang akan ditetapkan,” terang Beliau.

Kepada para pengurus Tim Penggerak PKK yang baru dilantik, Beliau berharap agar benar-benar membagikan dukungan secara maksimal melalui berbagai program kegiatan yang terdapat pada OPD masing-masing khususnya dalam rangka mendukung kesuksesan 10 program PKK di Kabupaten Dairi.

“Jadikan tim penggerak PKK sebagai mitra yang turut berperan dalam mensukseskan kinerja OPD masing-masing serta mampu mendorong dan memberikan masukan kosntruktif dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mewujudkan tekad kita menajdikan dairi yang unggul,” ucap Beliau.

 Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Bunda PAUD Kabupaten Dairi dalam sambutannya berharap Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi dapat menjadi bagian dari mitra pemerintah kabupaten dairi untuk mewujudkan suatu perubahan kondisi masyarakat dan atau kabupaten dairi ke arah yang lebih baik menuju dairi unggul.

Kepada para Pimpinan OPD Kabupaten Dairi, Beliau berharap agar selalu dapat membantu dan mendukung tim penggerak PKK dalam mensukseskan 10 program PKK karena sinergitas dan keterpaduan dari program-program yang dilakukan di masing-masing OPD terhadap kegiatan 10 program PKK adalah yang paling utama.

Beliau katakan salah satu tugas mensukseskan 10 program PKK adalah mendorong dan memfasilitasi berdirinya serta membina pendidikan anak usia dini (PAUD) di seluruh desa yang merupakan tugas dari pokja II.yang mengelola program pendidikan dan ketrampilan dan pengembangan kehidupan berkoperasi.


Oleh karena itu, Beliau memotivasi kepada para pegiat PAUD secara khusus, bagi para Ibu Camat sebagai Bunda PAUD Kecamatan untuk meningkatkan program PAUD secara khusus di desa wilayah kecamatan masing-masing dan secara umum akan berdampak di kabupaten dairi. Dari 161 desa dan 8 kelurahan, Beliau terangkan masih terdapat 43 desa dan 1 kelurahan yang belum menyelenggarakan pendidikan anak usia dini.

“Dengan situasi ini Saya menghimbau para Camat sebagai tanggung jawab moral kita untuk mendorong masyarakat dan kepala desa untuk mendirikan PAUD di desa sebagai gerakan nasional yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia pada peringatan hari anak nasional tahun 2013 bahwa satu desa satu PAUD,” terang Beliau.

Guna mewujudkan hal tersebut, Beliau berharap akan dukungan dan bantuan dari segenap pihak terkait agar PAUD dapat beriri di desa-desa yang belum memiliki PAUD dan ditahun mendatang diharapkan tidak ada lagi desa dan kelurahan yang tidak memiliki PAUD.(vikram/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru