SUMUT

NASIONAL

BUPATI DAIRI PIMPIN UPACARA PERINGATAN HARI KELAHIRAN PANCASILA DI PEMKAB DAIRI

Sabtu, 01 Juni 2019 | 11.48 WIB
Kali Dibaca |


Dairi, metrokampung.com
Bupati Dairi Dr. Eddy K.A Berutu memimpin upacara peringatan hari Kelahiran Pancasila tahun 2019 di pemerintah kabupaten Dairi pada Sabtu (01/06/2019) di lapangan Sudirman, Sidikalang.

Upacara hari kelahiran pancasila tersebut turut di hadiri oleh unsur Forkopimda Kab.Dairi, sekretaris daerah Kab.Dairi sebastianus Tinambunan, SH,M.Pd dan pimpinan OPD Kab.Dairi.

Bupati Dairi dalam arahannya membacakan sambutan dari pelaksan tugas kepala badan pembinaan ideologi Pancasila RI Hariyano mengatakan bahwa hanya pancasila yang mampu menyatukan semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam negar kesatuan Republik Indonesia.



Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “Pendiri Bangsa” merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang maha esa. Walaupun sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, diakui juga bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat pancasila.

Berkat pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat di rajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “ Bhineka tunggal ika”.

Beliau menyampaikan hal ini sesuai juga dengan pesan presiden jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran pancasila pada tanggal 1 juni merupakan suatu keniscayaan “ pertama, kita berusaha mengenang dan merefleksikan, momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai nilai fundamental bangsa indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.

Kedua, dengan merayakan hari kelahiran pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa  dan bernegara yang lebih baik. Pancasila terus memeberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa indonesia," ujar beliau.

Di akhir sambutan, bupati menyampaikan harapan kepala BPIP melalui peringatan Hari Kelahiran Pancasila agar Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahgiaan seluruh bangsa indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan," tegas bupati.(Bill/Atur)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru