SUMUT

NASIONAL

1000 Kg per Hari IRT di Rantauprapat Hasilkan Nata De Coco

Kamis, 11 Juli 2019 | 17.05 WIB
Kali Dibaca |

Bahan dasar nata de coco yang siap di distribusikan ke penampungan beserta bahan yang digunakan dalam proses.

Rantauprapat, metrokampung.com
IRT (Industri Rumah Tangga) Naya De Koko Simpang 3 Padang Pasir Kecamatan Rantau Selatan dalam 2.5 tahun belakangan ini berpotensi memproduksi bahan dasar Nata de coco 1 ton/hari.

Dalam proses pengerjaan tersebut, IRT memberdayakan 5 orang tenaga kerja dengan upah Rp600/Org/bln.

Hasil bahan dasar nata de coco tersebut kemudian didustribusikan ke penampungan di Binjai," terang Aan pelaku usaha.


Lebih lanjut Aan memaparkannya bahwa sejauh ini usahanya memproduksi bahan dasar Nata de coco tersebut sejak awal usaha berkembang menggunakan surat yang dikeluarkan DinKes Labuhanbatu (IRT)," tandasnya.

"Saya  memproduksi bahan dasar nata de coco ini sudah berjalan hampir 3 tahun dengan kwantitas produksi 1ton/hari.terus terang usaha ini hanya dilengkapi IRT dari Dinkes Labuhanbatu," ucap Aan.

Diketahui produk Nata de coco terbentuk dari air kelapa dengan permentasi dan pengendapan/coagulasi selama 10 hari, dan air kelapa dikumpulkan dari sejumlah pengusaha kelapa kukur dipusat pasar Rantauperapat di proses dengan campuran gula nenas dan asam cuka (Acetic.Acid.Glacial 99.85 %),"terangnya.

Untuk peningkatan kwantitas dan kualitas serta kelayakan produc nata de coco yang di usahai aan perlu biaya yang cukup lumayan.namun pada jumlah produc saat ini aan sdh bersukur mengalami peningkatan ekonomi keluarganya,"tandas Aan mengakhiri penjelasannya.(MK/RF Sitorus)

Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru