SUMUT

NASIONAL

Pilkades Siap Digelar di 76 Desa Se- Kabupaten Langkat, Bupati dan Wakil Bupati Tinjau Ujian Balon Kades di Gedung PKK Langkat

Senin, 15 Juli 2019 | 19.43 WIB
Kali Dibaca |

Tinjau : Bupati dan Wakil Bupati Langkat saat meninjau pelaksanaan Ujian/ Seleksi di Gedung PKK Langkat.(Foto :  Budi Zulkifli)

Langkat- MetroKampung.Com
Pesta demokrasi untuk memilih kepala desa yang baru akan dilaksanakan di 76 desa di Kabupaten Langkat. Hal itu dilakukan, karena  pucuk pimpinan di desa tersebut sudah habis masa baktinya.

Untuk itu, sudah dibuka  pendafataran bagi para balon kepala desa. Positifnya, pendaftaran bagi para calon kepala desa itu mendapat perhatian yang besar dari masyarakat. Buktinya, tidak kurang dari 319 balon kepala desa sudah mendaftarkan diri dan siap untuk mengikuti proses seleksi.

Nah, terkait dengan hal tersebut, Bupati Langkat Terbit Rencana PA didampingi Wakil Bupati, H. Syah Afandin, SH meninjau ujian dan seleksi Bakal Calon (Balon) Kepala Desa se Kabupaten Langkat, periode 2019 - 2025, di Gedung PKK Stabat, Langkat, Jum’at (12/7). Ya, sebanyak 319 Balon Kades dari 76 Desa di 23 Kecamatan se- Kabupaten Langkat, mengikuti seleksi yang diselenggarakan Pemkab Langkat, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Langkat, bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

Bupati Langkat pada kesempatan tersebut, berharap, dengan diselenggarakannya seleksi ini, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan dilaksanakan serentak pada tanggal 22 Agustus 2019 mendatang, akan melahirkan Kades- Kades yang bermutu dan berintergritas.

“Ya, sehingga masyarakat Desa dan pembangun yang ada di Desa akan semakin maju, cerdas dan sejahtera,”ujarnya.

Karena itu, Bupati berharap agar para Balon Kades dapat mengikuti seleksi ini dengan jujur dan sunguh-sungguh, agar dapat meraih nilai yang diharapkan. Bupati juga berharap agar seleksi ini dapat berjalan dengan lancar, kondusif dan tertib.

“Semoga semuanya dapat berjalan dengan lancar yang seperti diharapkan, sehingga dapat melahirkan pemimpin yang dapat memajukan Desanya,”pungkasnya.

Sementara, Plt. Kadis PMD Langkat, Musti Sitepu, mengatakan, pelaksanaan seleksi tersebut terdiri dari  ujian tertulis Psikotes, Tes Kemampuan Umum dan Wawancara, dilaksanakan selama dua hari,  (12-  13 Juli 2019).

“ Dalam ujian ini,  istri Balon Kades juga diikut sertakan untuk mengikuti ujian wawancara, yang  dijadwalkan pada tanggal 13 juli 2019 besok,"sebutnya.

Sesuai aturan, sambung Musti,  calon Kades yang akan mengikuti Pilkades nanti, maksimal 5 calon dan minimal 2 calon. Karena itu, untuk Desa yang yang memiliki lebih dari 5 calon, harus ada yang gugur.

“Untuk itu, cara memilih Balon terbaiknya ya di ujian ini, karena di sinilah penentunya, sebab bakal ada Balon yang gugur," terangnya.

Hari ini, kata Musti, dari 319 Balon, yang telah mengikuti ujian wawancara ada 100 orang, sedangkan sisanya besok di hari Sabtu.  Sedangkan untuk para  pengujinya dari pihak akademik dan konsultan Sumut, jumlahnya ada 10 orang Dosen penguji, dengan Ketua tim psikotes,  Dra Khairtati Purnama Nasution, S.Psi, M.Psi, sedangkan ketua Psikolog dan ketua tim Tes Kemampuan Umum, Perys L.Khodri Nst, SE, M.Si, C.Ht. (BD/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru