SUMUT

NASIONAL

Seluruh Keluarga di Desa Lubuk Besar Harus Miliki Jamban Sehat

Selasa, 06 Agustus 2019 | 19.48 WIB
Kali Dibaca |

Pembuatan jamban sehat di Desa Lubuk Besar Kecamatan Datuk Lima Puluh.

Batubara - Metrokampung.com
Program menyehatkan keluarga dimulai dari rumah tempat tinggal keluarga itu sendiri. Penataan sanitasi rumah, sarana MCK (mandi cuci kumur), pembuangan limbah rumah tangga dan jamban sehat wajib hukumnya agar tercipta keluarga yang sehat.

Demikian dijelaskan Pj. Kades Lubuk Besar Kecamatan Datuk Lima Puluh Kabupaten Batubara Mahid kepada wartawan, Selasa (06/8) petang.

Terkait hal itu disebutkan Mahid, semenjak kepemimpinan Sutiono selaku Kades hingga kepemimpinannya selaku Pj. Kades, program pembuatan jamban sehat terus digiatkan hingga seluruh keluarga di desa tersebut memilikinya.

Semenjak menjadi Pj. Kades tahun 2018 lalu telah dibangun 50 jamban sehat yang tersebar diseluruh dusun. Sedangkan tahun 2019 telah dikerjakan pembuatan jamban sehat untuk 30 keluarga dengan pagu anggaran Rp. 50, 720 juta.

"Kita harap seluruh kekuarga di Desa Lubuk Besar memiliki jamban sehat dirumah masing masing", harap Mahid yang sehari-harinya bertugas di Kantor Camat Datuk Lima Puluh.

Salah seorang warga Dusun III Kidul Desa Lubuk Besar Sariyah (71) yang mendapat bantuan jamban sehat menyampaikan terimakasih atas perhatian dan bantuan Pj. Kades.

Selama ini Sariyah yang  tinggal sendiri  bila hendak ke WC dimalam hari takut karena harus keluar rumah sejauh 30 meter dibelakang rumahnya.

Untuk ke kamar mandi dan WC,  Sariyah terpaksa harus minta ditemani anaknya yang tinggal disebelah rumahnya. (ea.ps/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru