SUMUT

NASIONAL

Taptu di Simpang Dolok, Bupati Batubara : Kita Akan Bangun Makam Pahlawan

Sabtu, 17 Agustus 2019 | 12.21 WIB
Kali Dibaca |

Ir.H.Zahir.MAP, AKP Jhony Andreas Siregar.SH, dan Syafrizal Ramli, SE, MAP saat berada di Makam Pahlawan si desa Simpang Dolok.(Damar Sirait)

Batubara, Metrokampung.com
Bupati Batubara meminta dibuat panitia khusus menggali sejarah ini demi para pahlawan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal yang akan di buat dalam keputusan bupati sehingga sejarah ini tetap akan ada selama negara berdiri.

Demikian disampaikan Bupati Batubara Ir. H. Zahir, MAP pada kegiatan Taptu di Desa Simpang Dolok Kecamatan Datuk Lima Puluh Kabupaten Batubara, Jumat (16/08) malam.

"Tahun depan Taptu harus jadi kegiatan Pemerintah Kabupaten Batubara dan anggarannya harus di masukan ke Pemerintah Kabupaten Batubara", sebut Zahir yang mendapat aplaus dari warga.

Dikatakan Zahir, selama kepemimpinan Zahir -Oky 5 tahun kedepan jika sudah mendapatkan lahan pihaknya  ingin membuat makam pahlawan dan meminta ijin kepada ahli waris untuk memindahkan makam para pahlawan.

Bupati Batubara  mengatakan sejarah adalah sebuah kisah yang tidak boleh kita lupakan.

"Bung Karno pernah mengatakan istilah jas merah. Kita harus selalu mengenang sejarah, kalau kita lupakan sejarah maka bangsa kita tidak maju. Sejarah itu merupakan rangkaian momen agar dari sejarah ini muncul sebuah ide sejarah kedepannya di lakukan lebih baik", ujar Zahir.

Kegiatan ziarah dan tabur bunga di Makam Pahlawan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun menjelang peringatan HUT RI. Para peserta Taptu dengan membawa obor berjalan kaki sepanjang 500 meter dari garis start hingga ke lokasi Makam Pahlawan.

Ratusan peserta pawai obor terdiri dari siswa SMA, SMP, MTS/sederajat, Pramuka dan lainnya. (MK/DS)

Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru