SUMUT

NASIONAL

Dari Acara ‘Temu Tani’ di Sukajadi, Hinai Puji Kepedulian PT. Saprotan Utama

Selasa, 24 September 2019 | 08.58 WIB
Kali Dibaca |


Langkat- MetroKampung.Com
Ada yang menarik dari acara temu tani yang dilaksanakan di Desa Sukajadi, Kecamatan Hinai,  Kabupaten Langkat, kemarin,  Sabtu (21/9). Para petani berkumpul dan saling bertukar cerita,  informasi,  ilmu dan pengalaman.

Selain itu,  ada sehamparan sawah dengan padi yang sudah menguning dan siap untuk di panen. Sungguh pemandangan yang indah dan menyejukkan mata.

Nah, ternyata hamparan sawah itu adalah lahan sawah milik Kelompok Tani Tani Jaya. Lalu, acara itu sendiri lahir dari ide Sahkuat (65), tokoh tani yang dipandang sebagai salah satu petani paling berhasil di Kecamatan Hinai.

Lebih dari itu, Kelompok Tani ‘Tani Jaya’ dan lahan yang terhampar itu adalah binaan dari PT. Saprotan Utama. Karena itu, banyak produk PT. Saprotan Utama dibagikan secara gratis,  mulai dari proses pembibitan hingga panen.

Seperti yang diungkapkan Sahkuat, hasilnya benar- benar mantap.  Karena itu, pantas untuk dicoba oleh kelompok tani yang lain.

“ Ya, bukan sekedar promosi, tapi karena memang sudah saya buktikan sendiri. Pada awalnya poduk- produk Saprotan Utama diberikan secara gratis kepada saya, sehingga bisa coba,” ujarnya.

Nah, menanggapi hal tersebut Wakil Ketua DPRD Langkat, Ralin Sinulingga menyambut baik kegiatan tersebut, sebab sudah sepatutnya para petani saling tukar- menukar informasi, ilmu dan pengalaman untuk meningkatkan kesejahteraannya.

“ Ya, kalau hasil panennya meningkat, maka kesejahteraan petani juga meningkat.  Karena itu, kegiatan temu tani seperti itu memang bagus sekali dilaksanakan para petani,” ujarnya.

Hal yang sama dikatakan oleh Sekretaris Komisi A DPRD Langkat, H. Rahmanuddin Rangkuti, SH, MKn. Menurutnya, apa yang dilakukan PT Saprotan Utama itu tentu patut untuk dipuji dan diacungi jempol.

“ Ya, jadi pihak perusahaan itu jangan hanya memikirkan untungnya saja, tapi juga harus menjalin kerjasama yang baik dengan para petani, yaitu kerjasama yang saling menguntungkan kedua belah pihak,” ujarnya.

Lebih lanjut terkait program Camat Hinai yang ingin membuka wisata pertanian di Hinai, keduanya pun mendukung. 

“ Ya, yang baik itu harus didukung.  Apalagi itu dilakukan untuk mendukung visi- misi Bupati dan Wakil Bupati, tentu patut untuk kita dukung bersama,” ujar Ralin. (BD/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru