SUMUT

NASIONAL

Pemandian Air Panas Sumber Padi Batu Bara, Objek Wisata Meyegarkan

Minggu, 27 Oktober 2019 | 07.23 WIB
Kali Dibaca |


Batu Bara- Metrokampung.com
Objek wisata  pemandian air panas Citra Teluk Sibayan Desa Sumber Padi Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara banyak dikunjungi warga yang berwisata sekaligus menyegarkan badan.

Untuk sampai ke lokasi wisata pemandian air panas tersebut pengunjung dapat masuk dari Jalinsum depan jembatan timbang Dolok Estate melalui jalan menuju PKS Dolok Estate PT Lonsum Kebun Dolok terus kebelakang pabrik sejauh lebih kurang 2,5 Km.

Jalan masuk kedua dari Jalinsum melalui Simpang Pasaman Dusun II melewati Balai Desa Sumber Padi dengan jarak lebih kurang 2 Km.

Begitu masuk lokasi pemandian air panas, terlihat 3 kolam tempat berendam dengan ukuran 10x15 meter serta 2 kolam kecil untuk kepuasan mandi dengan pancuran besar.

Pengunjung yang datang ke lokasi dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia seperti pondok tempat istirahat, musholla, tempat menitipkan barang berharga, warung makan dan minum sertai gerai souvenir khas Batu Bara.

Rengginang cemilan khas Batu Bara yang sudah ada sejak dahulu kala juga tersedia ditempat ini.
Rengginang merupakan cemilan asyik yang berbahan baku beras ketan.

Uniknya pengunjung yang masuk ke objek wisata ini tidak dipungut retribusi alias gratis.
Menurut pengelola, Citra Muliadi Bangun pengunjung sengaja tidak dipungut uang masuk agar semua lapisan masyarakat dapat menikmati pemandian air panas yang konon dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Disamping itu, maksud dan tujuan Citra membuka lokasi pemandian yang telah dikunjungi warga dari Santar, Simalungun, Asahan, Medan dan daerah lain di Sumatera Utara adalah untuk membuka lapangan kerja bagi warga setempat.

Dikatakan anggota DPRD Batu Bara tersebut, puluhan warga kini mendapatkan penghasilan dari usaha warung, penitipan kendaraan dan pengusaha penganan khas Batu Bara yang menitipkan produknya di tempat tersebut.

"Memang belum sempurna, gerai kita masih sangat sederhana karena semuanya kita buat secara swadaya. Meski begitu kita menerima titipan produk khas Batu Bara baik penganan maupun souvenir di gerai kita" ujar Citra.

Diwujudkan tahun awal Tahun 2018, kolam pemandian air panas tersebut sebenarnya memanfaatkan sumur bor air panas yang dibangun Pemkab Batu Bara tahun 2017.

Sumur bor tersebut dimaksudkan untuk menambah debit air kolam pembibitan ikan yang dikelola UPR Sumber Jaya. Namun sebelum masuk ke kolam, air panas harus didingankan terlebih dahulu.

Disinilah seorang Citra melihat prospek usaha untuk mensejahterakan warga Desa Sumber Padi Kecamatan Lima Puluh khususnya Dusun III.



Dengan dana pribadi, Citra membangun kolam-kolam pendingin yang dapat dimanfaatkan warga untuk berendam air panas.

Manfaat air panas menurut Sinaga salah seorang pengunjung sangat banyak. Diantara segudang manfaat yang dirasakan adalah menghilangkan kepenatan, badan letih lesu, rhematik, asam urat, menurunkan kadar kolesterol dan manfaat lainnya.

"Mandi air panas sangat baik bagi masyarakat terlebih orang tua yang sudah mulai diserang berbagai penyakit", aku Sinaga.

Pengunjung yang memanfaatkan air panas untuk mandi dan berendam menurut Citra tidak perlu khawatir akan kualitas air.

"Air panas ini murni keluar dari sumur bor tanpa diberi zat kimia sehingga sangat aman bila dipergunakan untuk mandi dan berendam", terang Andi Aryadi yang bertugas mengawasi fasilitas pemandian air panas tersebut.
***Ebson Pasaribu
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru