SUMUT

NASIONAL

Sumpah Pemuda di Deliserdang, Bupati Minta Pemuda Punya Inovasi

Rabu, 30 Oktober 2019 | 00.42 WIB
Kali Dibaca |


Lb Pakam, metrokampung.com
Upacara pengibaran Bendera Merah Putih pada  peringatan   Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2019  ke-91 . tingkat Kabupaten Deli Serdang berpusat di lapangan Alun-alun Pemkab Deli Serdang, Senin (28/10/2019) berlangsung khidmad dengan Irup  Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan, Danup Nurlianto, Pembaca UUD 1945 Muhammad Iqbal dan pembaca teks keputusan kongres Pemuda tahun 1928 Jiddan Abdu Syukron.Upacara Hari Sumpah Pemuda ini  juga dihadiri  Wakil Bupati Deli Serdang HMA Yusuf Siregar, Wakil Ketua TP PKK Ny HJ Sri Pepeni Yusuf Siregar, Anggota DPRD Deli Serdang,Dandim 0204 DS Letkol Kav Syamsul Arifin,Unsur Forkopimda , Sekdakab Darwin Zein S.Sos, Ketua Dharmawanita persatuan Ny Herawati Darwin Zein,Para staf ahli Bupati, Asisten ,pimpinan OPD ,Camat se Deli Serdang,LVRI, Ketua KCK Kodim 0204, KNPI dan Pimpinan OKP. Dengan peserta Upacara  dari  barisan TNI/Polri ,PNS, OKP , mahasiswa ,pelajar dan pramuka.

Bupati Ashari Tambunan selaku irup membacakan pidato tertulis Menteri  Pemuda dan Olahraga RI  diataranya mengatakan Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema "Bersatu Kita Maju". Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.



Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing. namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari ponografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Disela-sela Upacara Hari Sumpah Pemuda, Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan memberikan trophi dan hadiah pemenang perlombaan pidato antar organisasi pemuda Kategori pria dan wanita Serta pemenang terbaik lomba fotografi cagar budaya Deli Serdang.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru