SUMUT

NASIONAL

Tebing Longsor di Nagara Kecamatan Merek Robohkan Satu Unit Rumah

Kamis, 31 Oktober 2019 | 18.11 WIB
Kali Dibaca |

Rumah salah satu warga atas nama  Jamson Tarigan roboh terkena longsor akibat diguyur hujan lebat dan angin kencang  selama berjam jam, di Desa Nagara kec. Merek. Dok

Karo, metrokampung.com
Tingginya  curah hujan yang disertai  angin yang kencang dalam sepekan berlangsung didesa Nagara kec. Merek kab. Karo, menyebabkan warga yang biasa melakukan rutinitas keladang untuk bekerja, sangat terganggu bahkan merasa khawatir cuaca terus menerus turunnya hujan, sewaktu waktu dapat menimbulkan bencana alam.

Kekuatiran warga tersebut terjawab, setelah pemilik rumah  atas nama Jamson Tarigan, roboh diduga diterjang angin kencang dan dibarengi  hujan deras saat berlangsung  berjam jam, di desa Nagara, Rabu (30/10) pukul 21.00 wib.

Hal ini, diungkapkan camat merek Tommy Heriko Sidabutar, saat menerima laporan  dari perangkat desa Nagara adi purba, pagi ini Kamis (31/10) pukul 06.30 wib, terkait rumah seorang warga roboh dan rusak berat akibat longsor.

Menindaklanjuti laporan tersebut, kejadian ini, kata Tommy sudah kita sampaikan  kepada Bupati karo Terkelin, sebagai informasi awal. Dan rencana selanjutnya pagi ini, saya bersama muspika dan bersama warga Nagara, akan bergotong royong membersihkan puing-puing rumah yang terkena longsor," ucapnya.

Kendati demikian, fakta dilapangan terlihat bangunan rumah yang roboh terkena longsor ini, diperkirakan akibat  letak rumah semula berdiri kokoh dekat Tebing, efek tanah bertebing ini terjadi longsor, setelah diguyur hujan berjam jam ditambah angin kencang dan gemuruh petir yang keras sahut Menyahut, menyebabkan tanah longsor lalu  menimpa rumah warga tersebut, tutur Tommy.

Diketahui, saat kejadian ini terjadi, tidak ada korban jiwa sedangkan kerugian belum dapat  ditaksir, sementara, sebut Tommy.

Terpisah, Bupati karo Terkelin Brahmana saat mengetahui ada kejadian rumah warga terkena longsor dari  camat merek, merespon dan memerintahkan agar segera mendatangi lokasi dan lakukan pendataan bersama muspika. Cek kondisi pemilik dan pastikan benar - benar tidak ada korban jiwa," ujarnya.

Lanjut Terkelin Brahmana, agar camat merek selanjutnya lakukan kordinasi dengan pihak terkait BPBD dan Dinas Sosial, jika ini murni akibat bencana alam, harus ada penanganan sinerginitas untuk membantu warga," terangnya.

Atas kejadian ini, agar warga lebih berhati hati dan waspada pada  saat sekarang ini, cuaca sedang musim hujan,khusus bagi rumahnya yang berdekatan dengan  Tebing, supaya memperhatikan keselamatan, jika ada potensi atau  tanda tanda bencana, segera laporkan kepada perangkat desa, Camat dan aparat setempat," imbuh Terkelin.(amr/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru