SUMUT

NASIONAL

Bupati Batu Bara Ir. Zahir, M.AP Buka Seminar Nasional dalam Rangka Memeperingati Hari Guru dan HUT PRGI ke 74 Tahun 2019 Kabupaten Batu Bara

Jumat, 29 November 2019 | 07.45 WIB
Kali Dibaca |

Tema Seminar NASIONAL : "Strategi Peningkatan Kinerja Guru di Revolusi 4.0"
Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir, MAP saat memberikan sambutannya.(Fhoto/Damar Sirait)
Batu Bara, Metrokampung.com
Bupati batubara Ir.H.Zahir, MAP membuka Seminar Nasional Pendidikan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia ke 74 Tahun 2019 bertempat di GOR Tanjung Gading Inalum Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu Bara, Kamis (28/11/19).

Bapati batubara Ir.Zahir, MAP dalam sambutannya mengatakan tema hari guru nasional pada tahun 2019 ini adalah "guru penggerak Indonesia maju" jika melihat tema ini, maka guru memiliki peran strategis sebagai penggerak yang berarti mampu menggerakan dan siap bergerak menuju kemajuan Indonesia melalui dunia pendidikan.

Lebih lanjut Zahir meyampaikan, dalam era revolusi 4.0 sistem pendidikan nasional di hadapkan pada tantangan yang amat kompleks tetapi menarik.oleh karena itu, PGRI sebagai organisasi profesi juga di tantang agar mampu menggerakkan guru, pendidik, dan tenaga pendidikan untuk memberikan andil tidak hanya dalam penyelenggaraan pendidikan sekolah,tetapi lebih dari itu harus merasa terpanggil untuk ikut melahirkan pemikiran transformatif dalam pengembangan kebijakan pemerintah dalam melahirkan berbagai gagasan dan tindakan inovatif sesuai dengan tantangan abad 21.




Prof.Dr. Ibnu Hajar Damanik, M. Pd., selaku Narasumber bersama Dr.Darwin, ST, M. Pd, menjelaskan bahwa kita menyadari  tantangan GURU SULIT saat ini karena disandingkan dan bersaing dengan mesin,yang jauh lebih cerdas, lebih cepat dan lebih efektif dalam pencarian informasi dan pengetahuan. oleh karena itu para guru perlu mengubah cara mengajar dari bersifat tradisional menjadi prmbelajaran multistimulan agar lebih menyenangkan dan menarik, ungkapnya.

Guru harus berubah, semula menjadi pemberi pengetahuan menjadi fasilatator, mentor, motivator, inspirator menjadi pengembang imajinasi menjadi kreatifitas,pengembangan nilai nilai karakter serta mau membangun team work dan empati sosial,karena nilai nilai itulah yang tidak dapat di ajarkan mesin, tambahnya.

IIyas Sitorus kadis pendidikan kabupaten batubara saat di temui metrokampung.com setelah selesai acara seminar menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh guru dan tenaga kependidikan khususnya di Kabupaten Batu Bara tanah bertuah ini, umumnya di Indonesia, terkhusus kepada Guru Honorer yang selama ini tiada kenal lelah dalam mengisi kekosongan guru di sekolah. Tanpa dedikasi mereka, dapat dibayangkan bagaimana proses belajar mengajar berlangsung di sekolah, dan dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Dinas Pendidikan akan menata kembali keberadaan guru-guru kita, jumlah guru kita ada 3.241 orang yang terdiri dari 1.952 orang ASN dan sisanya Non ASN sebanyak 1.289 orang, ujarnya.

Terkait pelaksanaan seminar ini, Ilyas Mengucapkan terimakasih banyak atas kerjasama dan bantuan Kawan-kawan sekolah yang di ketua panitia pelaksana seminar Surya Dharma, dan D. Tumanggor serta anggota lainnya yang saling bahu membahu untuk suksesnya acara ini, dan alhamdulillah semua rangkaian acara berjalan lancar ditambah lagi bantuan dari PT. Bank Sumut untuk memeriahkan Hari Guru ini dengan memberikan Kulkas, TV, Kompor Gas, Bantal Kepala, Jam Dinding dan lainnya jadi menambah semangat dan antusias peserta seminar dalam mengikuti dan menyimak apa yang disampaikan para Narasumber. Karena bahan dari narasumber itu juga yang akan di jadikan bahan diskusi kepada peserta seminar.

Turut hadir dalam acara seminar  Kapolres Batu Bara, AKBP Robinson Simatupang, Anggota DPRD Amat Mukhtas, Kadis Pendidkan Asahan, Sofyan Marpaung, M. Pd., Ketua TBUPP Drs. Syaiful Syafri, MM., Azrin Marydha, Ketua Dewan Pendidikan, Zainal Alwi, Serta Narasumber Seminar Dr. Darwin, M. Pd., Prof. Dr. Ibnu Hajar Damanik, M. Pd., juga Pt Kadisdik Batubara, Ilyas Sitorus, Ketua Panitia Seminar Drs. Surya Dharma, M. Pd serta undangan lainnya.(MK/DS)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru