SUMUT

NASIONAL

Pasca Sarjana Unimed Gelar PKL Di Kabupaten Batubara

Jumat, 08 November 2019 | 09.59 WIB
Kali Dibaca |


Batubara, Metrokampung com 
Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara menerima kunjungan praktek kerja lapangan mahasiswa program study managemen pendidikan pasca sarjana  Universitar Negeri Medan bertempat di SMP 5 Sei Suka Kabupaten Batubara, Kamis (07/11 ).

Ilyas sitorus dalam sambutannya mengatakan bahwa kunjungan Praktek Kerja Lapangan dimaksudkan dalam rangka melihat langsung dilapangan antara teori teori yang di dapat dalam perkuliahan dengan implementasinya.bahwa kedatangan Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara adalah untuk melihat dari dekat sekaligus menambah pengetahuan mahasiswa dengan melihat langsung di lingkungan dinas pendidikan dan sekokah terkait dengan perencanaan, pemenuhan kebutuhan tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan sarana prasarana serta upaya peningkatan mutu pendidikan di bawah binaan Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara, ujarnya.


Ilyas menambahkan MKKS dalam melaksanakan tugasnya jangan bekerja sendiri. MKKS dan MGMP harus ber Sinergi yang baik dan jika ada hal-hal yang sulit diputuskan sampaikan ke Dinas Pendidikan, yakinkan saya, Saya akan bantu maksimal sehingga akan membawa dampak yang baik dalam pengembangan profesi guru kita. Semua ini perlulah bersinergi, tambah ncekli safaan akrab Ilyas.

Dr. Sukarman Purba, M. Pd, dalam sambutannya dihadapan kepala SMP N/S se Kabupaten Batu Bara pada MKKS menyampaikan kami sengaja memilih objek praktek kerja lapangan bagi mahasiswa bimbingan saya adalah Kabupaten Batu Bara. Selain Plt. Kadisdiknya akan membantu kemudahan dalam pemenuhan data data yang berkaitan dengan yang kami butuhkan, juga kami harapkan nantinya sumbangan pemikiran yang akan kami berikan dapat membantu pengembangan dan dimanfaatkan oleh pemerintah Kabupaten Batu Bara, khususnya dalam hal ini disdik dalam upaya untuk peningkatan mutu pendidikan.

Pertukaran cenderamata dari Plt. Kadisdik Batu Bara, Ilyas Sitorus, S.E. M.Pd kepada Dosen Pembimbing Program Manajemen Pendidikan Unimed, Dr. Sukarman Purba, M.Pd.


Saya berkeyakinan jika bapak ibu bersama di bawah payung yang bernama MKKS ini, SMP di Batu Bara dalam 4 tahun ke depan akan menjadi perhatian Sumatera Utara. Plt. Kadisdik Ilyas Sitorus, sudah menyampaikan dan menawarkan ke pihak Unimed agar Batu Bara dijadikan pilot projeck pengembangan pendidikan dan sekaligus tempat PKLnya mahasiswa Unimed, ujar Sukarman.

Diakhir sambutannya dalam memberikan penguatan dan motivasi kepada Kepala SMP N/S, Sukarman Mengatakan bahwa kami sejak kemaren seharian di Dinas pendidikan dan hari ini kami sudah mengikuti beberapa kegiatan bersama Plt. Kadisdik yang sudah barang tentu sangat berarti dan membantu kami karena langsung dapat melihat dan mengamati proses layanan di dinas pendidikan maupun aktivitas belajar mengajar pada beberapa sekolah. Tentunya semua itu akan sangat menambah pengetahuan mahasiswa bimbingan saya.

Pagi tadi kami di SDS IT di Tg. Gading dan siang ini di SMPN 5 Sei Suka bersama Kepala SMP Negeri dan Swasta se Kabupaten Batu Bara, pesan saya mari dukung bersama semangat Kadisdik untuk bersama membangun pendidikan kita di Batu Bara ini, ucap Dr. Sukarman

Menyikapi harapan Plt. Kadisdik, Ilyas dan masukan dari Dosen Pasca Unimed, Sukarman, Ketua MKKS SMP N/S se Kabupaten Batu Bara, Bahtiar yang juga Kepala SMP Negeri 2 Talawi mengatakan MKKS akan terus berperan dalam mengembangkan jaringan. Berbagai upaya akan kami tempuh agar kepala sekolah dan guru mempunyai variasi kegiatan yang bermuara pada peningkatan profesionalitas guru.

Kerjasama dengan pihak swasta (sponsor) dan lembaga-lembaga independen terus kami lakukan termasuk juga perusahaan yang ada di sekitar sekolah kami dalam rangka mengemban misi memberdayakan para guru.  Hal ini bisa dilakukan karena MKKS mempunyai kewenangan dalam menentukan program-program terbaik bagi para guru, ujar Bahtiar.

Tambah Bahtiar, MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) dibentuk oleh para kepala sekolah  ditingkat SMP Negeri dan Swasta. MKKS mempunyai struktur kepengurusan ditingkat Kabupaten atau bisa disebut sebagai MKKS Rayon. Ditingkatan bawahnya ada juga MKKS Sub Rayon. MKKS ini dibentuk oleh para kepala sekolah dibeberapa kecataman dalam suatu wilayah yang berdekatan. Jadi, MKKS Rayon membawahi beberapa MKKS Sub Rayon. MKKS tidak memiliki jenjang struktural sampai ditingkat propinsi atau tingkat nasional. Ditingkat propinsi, MKKS hanya bersifat koordinatif antar pengurus (yang biasanya diwakili ketua MKKS Rayon), ucap Bahtiar Kepala SMPN 1 Talawi.

Bahtiar menambahkan bahwa MKKS mempunyai masa kerja 3 tahun dengan ketentuan pengurusnya bisa dipilih kembali untuk 1 ( satu ) kali masa jabatan berikutnya sehingga diharapkan pada kepengurusan MKKS berikutnya akan tampil para kepala sekolah yang lainnya dengan semangat yang lebih fresh dan ide-ide yang lebih segar, tambah Bahtiar.

Acara MKKS kali ini memang lain dari pada yang biasanya, dimana Rapat MKKS kali ini selain di hadiri oleh Plt. Kadisdik, juga di hadiri Dr. Sukarman Purba, Dosen Pasca Sarjana Unimed dan Mahasiswa Program Manajemen Pendidikan Pasca Sarjana Unimed. Tak hanya sampai disitu, MKKS kali ini juga di Hadiri dan diikuti oleh Staf Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Bapak Franky dan Ibu Erni Malik, ujar Sekretaris MKKS Kabupaten Batu Bara, Muksikh, Kepala SMPN 3 Medangderas yang sekaligus bertindak sebagai pembawa acara pada pertemuan MKKS bulanan di SMPN 5 Sei Suka.

Turut hadir pada pertemuan MKKS Selain Plt Kadisdik, Ilyas Pertukaran cenderamata dari Plt. Kadisdik Batu Bara, Ilyas Sitorus, S.E., M. Pd.,  kepada Dosen Pembimbing Program Manajemen Pendidikan Unimed, Dr. Sukarman Purba, M. Pd.

Sitorus, Staf pengajar Unimed, Sukarman Purba, Staf Kemendikbud RI, Franky dan Erni Malik serta Kabid GTK Disdik Batu Bara, Hermansyah, Kepala SMP N/S se Kabupaten Batu Bara, Ketua Komite.(MK/DS)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru