SUMUT

NASIONAL

Sosialisasi Festival Literasi Nasional GMBI Digelar di Disdik Tanjungbalai

Kamis, 14 November 2019 | 21.41 WIB
Kali Dibaca |

SOSIALISASI: Sosialisator Program Literasi GMBI Regional Sumatera M. Fajrin Pane, M.Hum saat menggelar sosialisasi festival literasi nasional Gerakan Menulis Buku Indonesia kepada 77 kepala sekolah mewakili SD dan SMP di aula Dinas Pendidikan Kota Tanjungbalai, Rabu (13/11).

Tanjungbalai, metrokampung.com
Sosialisasi festival literasi nasional Gerakan Menulis Buku Indonesia (GMBI) digelar oleh Muhammad Fajrin Pane, M.Hum selaku Sosialisator Program Literasi GMBI Regional Sumatera kepada 77 kepala sekolah mewakili SD dan SMP se-Tanjungbalai di aula Dinas Pendidikan Kota Tanjungbalai, Rabu (13/11). Sosialisasi tersebut dihadiri Plt Kadisdik Tanjungbalai Rukiyah Lubis didampingi Kabid Dikdas Dahnial danvKabid GTK Bukhori Ginting.

Sosialisator M. Fajrin Pane saat membuka sosialisasi itu mengajak para kepala sekolah, guru, siswa dan masyarakat untuk bergerak bersama dalam Gerakan Menulis Buku Indonesia (GMBI) lewat gerakan sekolah menulis buku.


Dijelaskannya bahwa kegiatan festival literasi nasional ini meliputi lomba menulis puisi, cerpen, dan artikel bebas, penerbitan buku, peluncuran buku, lokakarya dan seminar, penganugerahan juara serta diakhiri oleh aksi donasi Semangat Sejuta Buku untuk Indonesia.

"Ini tak semata-semata menyasar para pendidik dan anak didik di institusi pendidikan tapi juga berbagai kalangan untuk menjadikan kegiatan menulis sebagai bagian dari gaya hidup (life style). Kita tidak pernah tahu bahwa satu atau dua kalimat buah pikiran, ketika dibukukan dan dibaca oleh banyak orang mampu memberikan pengaruh positif, " tegasnya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa puncak acara festival literasi nasional GMBI ini nantinya akan diadakan pada bulan April tahun 2020 dengan melakukan dan mengundang kepala sekolah, guru koordinator berprestasi serta pemberian berbagai hadiah dan sertifikat kepada para peserta.

"Terimakasih dan apresiasi atas bantuan dan dukungan Pemerintah Kota Tanjungbalai melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabid Dikdas dan Kabid GTK beserta Bapak/Ibu Kepala SD dan SMP yang sudah hadir memberikan respon positif terhadap kegiatan sosialisasi ini, "ucap M. Fajrin Pane menutup sambutannya.

Sementara itu, Plt Kadisdik Rukiyah dalam kesempatan itu mengatakan, Pemerintah Kota Tanjungbalai melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sangat mendukung Festival Literasi Nasional GMBI tersebut. "Mengingat pentingnya budaya melek literasi di sekolah-sekolah khususnya bagi para siswa juga guru-guru maka pemerintah sangat mendukung festival literasi nasional ini, "ucapnya. (RS/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru