KSJ Harap Pemerintah Canangkan Gerakan Nasional Sedekah Jumat

Editor: metrokampung.com

Batu Bara- Metrokampung.com
Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) yang diprakarsai AKBP Ikhwan Lubis, SH. MH sewaktu menjabat Kapolres Pelabuhan Belawan berharap Pemerintah RI mencanangkan Gerakan Nasional Sedekah Jumat bersama Masyarakat, TNI dan Polri.

Demikian disampaikan Koordinator KSJ Sumatera Utara Saharuddin melalui siaran persnya yang diterima wartawan melalui group WhatsApp Media Humas Polres BB, Minggu (29/12/19) malam.

Saharuddin mengatakan visi besar Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) adalah memupuk rasa kepedulian, kemanusiaan untuk kesejahteran dan keadilan sosial lewat Gerakan Sedekah.

KSJ binaan AKBP H.Ikhwan Lubis, SH. MH yang saat ini menjabat sebagai Kapolres Batu Bara ini kembali melahirkan 100 kader relawan pelajar  usai acara penutupan Latihan 100 Kader Relawan Pelajar, Minggu (29/12/19) di taman Literasi SMA Negeri 19 Medan.

Dijelaskan  Koordinator KSJ bahwa sebagian besar relawan KSJ bukanlah orang orang yang berkecukupan secara ekonomi.

Namun berkat keteladan AKBP Ikhwan sebagai Pembina mampu mengetuk hati relawan  sehingga menumbuhkan sikap tulus dan ikhlas dalam menggeluti kerja kerja sosial tersebut.

"Itulah modal sosial yang memperkuat banyak relawan, mereka rela menyisihkan waktu, tenaga bahkan rezeqinya untuk peduli dan berbagi", ujarnya.

Tanpa disadari KSJ  menjadi harapan baru bagi warga dhuafa dan anak anak yatim diberbagai tempat. Kunjungan kemanusiaan yang dilakukan KSJ setiap Jumat langsung kerumah rumah warga dan anak yatim mampu membangunkan kesadaran sosial kolektif. Airmata kebahagiaan mereka yang dikunjungi oleh para relawan itupun seolah menjadi energi baru.

"Ternyata kepedulian itu bukan semata soal jumlah yang diberikan, tetapi cara kita menghargai sesama", sambung  Saharuddin.

Hingga edisi ke 20 sejak KSJ lahir, kegiatan rutinnya terus berlangsung setiap Jumat, jauh dari kesan seremonial, dan mengalir begitu saja.

KSJ menyalurkan berapapun jumlah donasi yang terkumpul dan dikelola dipublikasikan secara transfaran melalui group WhatsApp.

Merespon perkembangan yang begitu pesat serta sambutan kebahagiaan kaum dhuafa serta anak yatim yang menerima santunan, menurut Saharuddin kedepan managemen KSJ harus terus dibenahi. Rencana strategis dan programnya harus bersinergi dengan berbagai pihak.

"Cita cita besar KSJ adalah berharap Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial dan Kementerian Dalam Negeri dapat mencanangkan Gerakan Nasional Sedekah Jumat bersama masyarakat, TNI dan Polri", harap Saharuddin.

Menutup siaran persnya, Saharuddin menekankan manfaat sedekah dipastikan dapat menjaga kondusifitas, keamanan dan kenyamanan kita semua.

"Insha Allah Gerakan Nasional Sedekah Jumat akan membawa berkah kedamaian yang luar biasa", pungkas aktivis tersebut.(ea.ps/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini