Deliserdang Tuan Rumah Penerimaan Adwiyata Tingkat Sumut 2019

Editor: metrokampung.com
Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar bersama Sekdaprov Sumut, Hj R Sabrina foto bersama usai penyerahan penghargaan Adiwiyata di Aula Cendana Kantor Bupati.

Lb Pakam, metrokampung.com
Sebanyak 79 penghargaan diterima sekolah tingkat SMA/SMK, SMP dan SD di Kabupaten Deli Serdang dalam sekolah Adiwiyata tahun 2019 tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Penghargaan bergengsi tingkat provinsi tersebut di serahkan Sekdaprov Sumut,Hj R. Sabrina mewakili Gubernur Sumatera Utara pada kegiatan penyerahan penghargaan Adiwiyata Provinsi Sumut tahun 2019 kepada 7 Kabupaten/Kota,  di Aula Cendana, Kantor Bupati Deli Serdang, Senin (24/2/2020).

Penyerahan penghargaan tersebut hihadiri Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar mewakili Bupati/Walikota, Kepala OPD Provinsi dan kabupaten/kota serta Kementerian agama kabupaten/kota.

Adapun penerima penghargaan Adiwiyata sebanyak 7 kabupaten/kota tersebut, terdiri dari Kabupaten Deli Serdang sebanyak 79 sekolah, Kabupaten Langkat 1 sekolah, Kota Medan 14 sekolah, Kota Binjai 5 sekolah, Kabupaten Tapanuli Utara 13 sekolah, Kabupaten Tapanuli Tengah 31 sekolah dan Kabupaten Tapanuli Selatan 3 sekolah.

Sekdaprov Sumut, Hj R.Sabrina dalam kesempatannya mengatakan, penghargaan Adiwiyata bukanlah tujuan akhir, tapi merupakan bentuk cerminan komitmen yang kuat dari semua unsur dalam dunia pendidikan.

"Sekolah Adiwiyata diharapkan dapat menghadapi anak-anak didik yang berkarakter, peduli dan berbudaya lingkungan.Serta berprestasi dalam akademik. Sehingga terwujud generasi yang unggul untuk Sumatera Utara maju dan bermartabat," kata Sabrina.

Selain itu, tambahnya,penghargaan tersebut diharapkan dapat meningkatkan tanggung jawab kepala sekolah dan jajarannya untuk bekerja lebih keras dan lebih cerdas untuk mewujudkan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Sabrina juga menghimbau  agar program Adiwiyata terus dapat mendorong peningkatan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di sekolah.

"Dan mampu memberikan kontribusi berupa pengurangan timbunan sampah melalui pengelolaan sampah dengan 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) penanaman dan pemeliharaan pohon/tanaman, lubang biopori dan sumur resapan serta melakukan penghematan penggunaan listrik dan air," papar Sabrina.

Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar mengakui, bahwa program Adiwiyata ditujukan untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya melestarikan lingkungan, yang diwujudkan melalui pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan.

"Kita patut bersyukur, karena sejak digulirkannya program adiwiyata ini, telah banyak memberi dampak positif.Hal ini dapat terlihat dari semakin banyaknya warga sekolah yang peduli  terhadap lingkungan," ujar Yusuf Siregar.

Pemprovsu, sebut Yusuf, menyerahkan penghargaan Adiwiyata kepada 145 sekolah yang ada di Sumut.Termasuk dKabupaten Deli Serdang.

Kata, Yusuf penghargaan Adiwiyata ini adalah bentuk pengakuan, karena 145 sekolah yang menerima penghargaan hari ini, dinilai telah memenuhi persyaratan dan kriterianya.

"Sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Sumatera Utara, yang telah memilih Kabupaten Deli Serdang, sebagai tuan rumah penyerahan penghargaan Adiwiyata ini," tandas Yusuf Siregar (dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini