SUMUT

NASIONAL

Antisipasi Virus Corona, RSUD Batu Bara Disemprot Disinfektan

Senin, 23 Maret 2020 | 11.34 WIB
Kali Dibaca |

Petugas saat penyemprotan diruangan rawat inap RSUD 

Batu Bara, Metrokampung.com
Khawatir akan penyebaran Novel Corona Virus (NCoV) atau Covid-19, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) melakukan gerakan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh ruangan Rumah Sakit Umun Daerah Batu Bara (RSUD) Minggu (22/03).

Penyemprotan dilakukan oleh empat orang petugas dari rumah sakit umum  menggunakan dua alat semprot disinfektan.

Beberapa tempat yang disemprot cairan disinfektan di antaranya  ruang kerja Direktur rumah sakit umum, Rawat inap, intensive Care Unit (ICU),ruangan rawat anak, ruangan bedah dan ruangan VIP.



Dr.Jhon Lihar Purba, Mkes saat dihubungi metrokampung.com melalui handphonenya mengatakan rumah sakit umum merupakan pelayanan  setiap harinya di datangi ratusan orang sehingga perlu antipasi terkait penyebaran virus Corona  semua ruangan disemprot desifektan bahkan mobil ambulance pun ikut didesinfeksi.

Lanjut Jhon lihar, hal lain yang perlu dilakukan adalah pembatasan besuk pasien penjaga pasien cukup 1 orang dan anak anak dilarang ikut membesuk.

RSUD juga akan memeriksa setiap pengunjung akan memberikan kesempatan memakai handsanitizer. Wastafel cukup banyak sudah tersedia di koridor RSUD Batu Bara.


"Rumah Sakit Umum Daerah Batu Bara didatangi ratusan warga sejak pagi sampai jam kerja berakhir, tentunya potensi penularan penyakit juga tinggi. Namun kita tidak mungkin menutup pelayanan, yang kita bisa lakukan upaya pencegahan agar potensi penyebaran bisa ditekan," ujar Jhon Lihar Purba.

Selain penyemprotan, upaya lainnya yakni menyediakan hand sanitizer di tiap ruang kerja, di lokasi mesin absensi finger print, meningkatkan kebersihan kantor.

"Tentu ada peningkatan pengawasan kunjungan tamu juga. Ditambah mereka harus mengikuti protokol kebersihan dan pemeriksaan," pintanya.(MK/DS)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru