SUMUT

NASIONAL

Bupati Asahan Panen Raya Padi di Kecamatan Rawang Panca Arga

Selasa, 17 Maret 2020 | 15.46 WIB
Kali Dibaca |


Asahan, Metrokampung.com
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) menghadiri panen raya padi di Kecamatan Rawang Panca Arga, Senin (16/3/2020).

Panen padi tersebut, Gubsu Edy Rahmayadi didampingi Bupati Asahan Surya menyerahkan benih padi dan jagung serta alat pertanian kepada kelompok tani di Kecamatan Rawang Panca Arga.

Dikesempatan itu, Bupati Asahan menyampaikan bahwa pertanian merupakan salah satu prioritas pembangunan, karena melalui sektor pertanian meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan keluarga di Kabupaten Asahan.

Ia juga mengatakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari sektor pertanian masih ada kendala yaitu, belum memiliki lahan yang belum optimal dan masih rendahnya penggunaan benih yang bermutu sehingga diperlukan dukungan dari pemerintah Pusat dan pemerintah daerah Provinsi Sumut.

Bupati Asahan Surya juga mengatakan, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dari sektor pertanian. Pemkab Asahan talah berupaya untuk membangun saluran irigasi, jalan usaha tani dan menyediakan mesin serta alat pertanian untuk kelompok tani.

Sementara itu, Gubernur Sumut melalui Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Setda Provsu Nouval Mahyar mangapresiasi perkembangan sektor pertanian padi di Kabupaten Asahan.

"Potensi tanaman padi di Kabupaten Asahan saat ini sudah cukup baik, kami berharap kedepannya pertanian di sektor padi dapat meningkat, sehingga Kabupaten Asahan merima program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation (IPDMIP)," katanya.

Selanjutnya kata Nouval Mahyar menjelaskan, dalam waktu lima tahun terakhir. Kecamatan Rawang Panca Arga dan Kecamatan Meranti mengalami peningkatan produksi padi rata-rata sebesar 5,69%, sehingga Kabupaten Asahan menjadi lumbung beras di Provinsi Sumatera Utara. (AS/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru