IDI Siap Bantu Pemkab Karo, Bupati Karo : Peran IDI Dibutuhkan Menangkal Hoaks Yang Bertebaran

Editor: metrokampung.com

Tanah Karo, Metrokampung.com
Perkumpulan IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Kabupaten Karo menegaskan akan membantu Pemda Karo dalam mensosialisasikan antisipasi penyebaran penanganan Covid-19 yang saat ini dinyatakan siaga darurat Bencana Nasional Non-Alam.

Demikian dikatakan Ketua IDI Kabupaten Karo Dr Herman Bangun saat memberi saran dan masukan kepada Bupati karo Terkelin Brahmana, SH, MH, di ruang kerjanya, Selasa (24/3).

Herman mengaku, saat ini IDI cabang kabupaten Karo ada berjumlah 70 orang tenaga medis, yang selalu siap membantu pemerintah Kabupaten Karo, untuk itu dia meminta kepada Bupati agar IDI dapat dilibatkan setiap rapat dan kegiatan yang dilakukan tim Gusta, katanya.

Ia menilai dengan kehadiran IDI nantinya bersama  dengan tim Gusta (Gugus Tugas) yang telah dibentuk, minimal IDI sesuai peran dokter dapat memberikan sosialisasi tentang  sosial distancing, dan pemberian vitamin /fooding bagi tenaga kesehatan (Nakes ) untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ucapnya.

lSelain itu, IDI akan menyampaikan terkait persiapan ruangan dan nakes kepada masyarakat, mengingat saat ini diyakini trend terinfeksi meningkat beredar dikalangan masyarakat," sambung Herman.

"Justru ini, peran IDI untuk menangkal hal yang berkaitan penanganan Covid-19 yang selama ini Mis-Informasi yang tersebar berseliweran dimana mana, dampak ini  menimbulkan  keresahan, kekhawatiran, kecemasan bahkan berujung Paranoid," tandas Dr Herman.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, MH menyambut positif keberadaan IDI cabang kab. Karo, dengan meminta IDI untuk dilibatkan,  dalam tim Gusta dalam melawan Covid-19.

"Kehadiran IDI ini kedepan dapat menangkal berita hoaks bertebaran dan masyarakat dapat termotivasi Kesadarannya, jika IDI menghimbau social distancing, maka peran IDI-lah dibutuhkan disini," kata Terkelin.

"Sikap IDI ini, akan kita sampikan kepada ketua Gusta, namun kebetulan ada unsur Gugus tugas kadis kesehatan bersama kita disini, maka alangkah baiknya kadis kesehatan kordinasikan dengan tim Gusta yang lainnya, sesuai mekanisme yang ada, walaupun kita  tidak sama, tapi kita nekerjasama," ucap Terkelin.


Hal serupa dikemukakan Kadis kesehatan Drg Irna Safrina Meliala, bahwa peran IDI cabang Kabupaten Karo sangat membantu jika dapat berkolaborasi dengan tim Gusta yang sudah berkerja sejak dibentuk, tentu dalam hal mengedukasi masyarakat terkait Covid-19.

Dikesempatan itu, Irna menyebut akan memfasilitasi keinginan IDI cabang Kabupaten Karo kepada ketua tim Gusta untuk setiap pertemuan di Pemda Karo akan melibatkan dan mengundang IDI dan saat  kelapangan  bersama Bupati, Dinkes dan Tim Gusta, IDI akan kita jamin untuk ikut, jelasnya.(amr/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini