SUMUT

NASIONAL

Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir, MAP Sidak RSUD Antipasi Penyebaran Virus Covid-19, 134 Orang ODP Di Batu Bara

Jumat, 03 April 2020 | 03.57 WIB
Kali Dibaca |

Bupati Ir.H.Zahir, MAP saat sidak di ruangan rawat inap. 

Batu Bara, Metrokampung.com 
Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir, MAP sidak Rumah Sakit Umum Daerah Batu Bara di Desa Kuala Gunung Kecamatan Datok Limapuluh dalam rangka antipasi penyebaran Virus Corona, Selasa (31/03).

Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir, MAP kepada wartawan  mengatakan  Batu Bara dalam kondisi resiko tinggi terhadap penyebaran Covid 19. Bahkan diakuinya, tanpa menyebut jumlah ODP sebelumnya, telah terjadi peningkatan cepat ODP di Batu Bara menjadi 134 orang.

Resiko tinggi tersebut menurut Bupati tidak terlepas dari panjangnya garis pantai dan banyaknya pelabuhan tikus di Kabupaten Batu Bara yang berpotensi sebagai tempat masuknya Covid 19.


Meminimalkan penyebaran Covid 19, Bupati telah menginstruksikan seluruh jajarannya untuk memantau dan mendata warga yang baru pulang dari luar negeri maupun daerah yang terjangkit Covid 19.

“Mereka perlu perawatan, kita tidak mau ada yang meninggal. Kita harus siapkan fasilitas, tidak perlu ada korban. Kita memang memiliki keterbatasan anggaran seperti membuat dapur umum. Mereka juga butuh informasi, AC, TV”, ujar Bupati.

Bupati Ir.H.Zahir, MAP  memeriksa seluruh ruangan dan menginstruksikan Direktur RSUD mempersiapkan kelengkapan RSUD Batu Bara.

“Belanja hari ini, jangan ada tunda tunda”, perintah Bupati kepada Direktur RSUD Batu Bara.


Pada kesempatan itu Bupati dan Kapolres menyerahkan APD (Alat Perlengkapan Diri) isolasi kepada petugas medis.

Direktur  RSUD Dr. Jhon Lihar Purba, MKes kepada Metrokampung.Com  menjelaskan Rumah Sakit Umum Daerah Batu Bara satu bulan yang lalu sejak dimulainya pengumuman pemerintah pusat adanya  positif virus covid-19 di indonesia. Rumah Sakit Umum Daerah Batu Bara termasuk mempersiapkan ruangan isolasi dengan keterbatasan sarana dan prasana.kami berkomitmen mempersiapkan diri dan memberikan pelayanan terbaik kepada pasien apabila ada  terinfeksi virus Covid -19, ujarnya.

Direktur Jhon Lihar Purba menambahkan saat ini rumah sakit telah menerima dua dokter spesialis Bidan Dr Avvan Lubis dan Penyakit dalam Dr.Hendry Sibarani, Mkes, Mked, Sp.PD, ungkapnya.

Amatan Metrokampung.Com Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir, MAP  di dampingi Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis,SH.Mhum, Kadis Kesehatan drg. Wahid Khusairy, serta Direktur RSUD, dr. Jhon Lihar Purba, Ketua kadin H.Ok Faizal, Bupati melihat ruang isolasi yang disiapkan untuk mengantisipasi munculnya PDP.(MK/DS)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru