SUMUT

NASIONAL

IP2 BAJA Nusantara Layangkan Surat Kepada Pemkab Toba Terkait Nota Kesepakatan Satu Persen Hasil Penjualan Listrik Dengan PT.BDSN

Senin, 27 April 2020 | 18.37 WIB
Kali Dibaca |

Ketua LSM Merah Putih Nusantara: Bupati Toba Dimohon Agar Respek

Surat IP2BAJA Nusantara Kepada Pemkab Toba.

Toba, metrokampung. com

Nota Kesepakatan bersama Pemerintah Kabupaten Tobasa (Toba) dengan menejemen 'PT.Badjra Daya Sentra Nusa' (PT.BDSN) tahun 2011 silam yang disempurnakan, pada tanggal 20 mei 2011 dengan Nomor: 180/ 73 /HK/2011, kini menuai polemik.

"Ditengarai Nota Kesepakatan berupa uang yang menjadi hak daerah harus disetor ke Kas Daerah sebagai Pendapatan Asli Daerah sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan diduga digelapkan.

Menurut Undang-undang, Pemerintah Daerah wajib menyimpan dan memelihara Naskah Asli kerja sama daerah dan menyusun daftar naskah resmi dan menerbitkan himpunan kerjasama daerah.

Nota Kesepakatan Nomor: 01/ Tahun 2011 dan Penyempurnaan Nota Kesepakatan Nomor: 180/73/HK/2011, Bupati Toba Ir Darwin Siagian seharusnya dapat memberikan penjelasan Nota Kesepakatan dan penyempurnaannya dengan Prinsip itikad baik, transparansi, keadilan dan kepastian Hukum "ungkap Djonggi.

“Pihaknya kini telah menyurati Bupati Toba yang ditembuskan Kepada DPRD Toba. Terkait isi Penyempurnaan Nota Kesepakatan itu, "sebut Edison Marpaung Sekeretaris Eksekutif IP2BAJA Nusantara didampingi Direktur Devisi Reaksi Cepat Investigasi Sonanggar Basyr P. Napitupulu kepada sejumlah Media, Senin (27/4) di Balige.

Dijelaskan, hal ini sangat perlu diketahui masyarakat Toba, agar lebih transparan tidak ditup-tutupi. Saat ini zaman transparansi, “sebab adanya hubungan erat Zevrin Alam Harahap dengan Penyempurnaan Nota tersebut.

Disebut-sebut, jika peranan Zevrin Alam Harahap dalam penyempurnaan Nota Kesepakatan antara Pemkab Tobasa dan PT. BDSN sangat erat hubunganya hingga Kontribusi satu persen hasil penjualan listrik ke Pemkab Tobasa. 

Hal ini juga menarik perhatian Ketua LSM Merah Putih Nusantara Berlin Marpaung, "jika dirinya menegaskan, agar Bupati Toba respek terhadap surat yang dilayangkan IP2BAJA Nusantara.

Ia memohon,  agar jangan terbentuk opini pada masyarakat Toba, bahwa ada rahasia ataupun kong kaling kong pada Nota Kesepakatan penjualan listrik satu persen PT.BDSN dengan Pemerintah Toba ketusnya.(rel/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru