SUMUT

NASIONAL

Kapendam I/BB : Partisipasi Masyarakat Menjadi Salah Satu Indikator Keberhasilan TMMD

Sabtu, 11 April 2020 | 17.12 WIB
Kali Dibaca |

Kapendam I/BB  : Partisipasi Masyarakat Menjadi Salah Satu Indikator Keberhasilan TMMD

Karo-metrokampung.com
Kapendam I/BB Kolonel Inf Zeni Djunaidi S,sos M,S,i melaksanakan peninjauan pelaksanaan TMMD Ke 107 Tahun Anggaran 2020 Kodim 0205/TK  di Desa Kacaribu Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo, Sabtu 11/04/2020.

Pada kesempatan tersebut Kapendam I/BB Kolonel Inf Zeni Djunaidi S.Sos, M.Si  mendapatkan pemaparan terkait pelaksanaan TMMD yang sudah berjalan 60 hari tersebut oleh Dansatgas TMMD Ke107 Kodim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal  termasuk progres pelaksanaan menjelang 3 hari penutupan pada 14 /04/2020 mendatang.

Saat dikonfirmasi di lokasi pembangunan jembatan , Kapendam I/BB Kolonel Inf Zeni Djunaidi menjelaskan, kunjungan ini sebagai bagian dari fungsi pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan TMMD Ke 107 di Desa Kacaribu Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo.


“Saya ingin melihat sejauh mana pelaksanaan TMMD berjalan dengan baik atau tidak," sebut Kapendam.

Menurut Kapendam I/BB Kolonel Inf Zeni Djunaidi selain mengerjakan sasaran fisik yang sedang berjalan, dengan senantiasa mengingatkan Dansatgas atau Dandim bahwa metode yang diterapkan adalah metode gotong royong yang didalamnya diwujudkan dengan partisipasi masyarkat.

“Partisipasi masyarakat menjadi salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan TMMD," jelas Kapendam I/BB Kolonel Inf Zeni Djunaidi S.Sos,M.Si.

Jadi selain melaksanakan sasaran fisik juga ada sasaran non fisik dalam bentuk, komsos, sosialisasi pendidikan, pertanian dan komsos bahaya narkoba dan Sosialisasi tentang Covid-19. Hal ini mengandung nilai spirit dan kepedulian masyarakat terhadap proses pembangunan nasional di wilayahnya.

“Kalau masyarakat sudah peduli terhadap pembangunan di wilayahnya maka kita berharap hasil pembangunan yang dicapai akan bertahan lama karena adanya rasa memiliki dan mau memelihara. Kadang kita mampu membangun tetapi tidak pandai memeliharanya”, sebut Kapendam I/BB Kolonel Inf Zeni Djunaidi.

Kolonel Inf Zeni Djunaidi menilai sasaran pembangunan TMMD Ke 107 Kodim 0205/TK sangat strategis dimana pembangunan jembatan digunakan untuk menghubungkan dua desa yaitu Desa Kacaribu dan Kandibata maupun bisa juga menuju ke Propinsi Aceh.

Penentuan sasaran oleh pemerintah dan masyarakat sangat baik melalui proses buttom-up yaitu diusulkan oleh masyarakat kepada pemerintah daerah sehingga pembangunan yang dikerjakan dapat memberikan manfaat bagi kebutuhan masyarakat.

Kapendam  juga menyebutkan bahwa TNI dengan anggaran yang dialokasikan sangat siap termasuk dengan tenaganya untuk membantu proses pembagunan di wilayah. Hanya menurutnya, harus ada dukungan dari pihak pemerintah daerah dalam mengalokasikan anggaran pelaksanaan TMMD.

"Semakin besar yang dianggarkan maka semakin banyak bisa dibangun yang tentunya menyentuh kebutuhan masyarakat,"ungkap Kapendam

Pantauan media dilapangan, Satgas TMMD Ke 107 Kodim 0205/TK bersama masyarakat terlihat  sedang menyelesaikan pembuatan senderan, finishing pembangunan jembatan yang diharapkan menjelang penutupan 14/04/2020 mendatang semuanya selesai dan siap diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Karo  yang nanti manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat kedua desa.

Sejumlah pejabat utama Kodim 0205/TK terlihat turut  mendampingi Kapendam I/BB Kolonel Inf Zeni Djunaidi diantaranya , Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal, Kasdim Mayor Inf D Marpaung, Danramil 03/BT Mayor Inf Jimmi Barus, Pasipers Kapten Inf, Bangkit Hutahean, Pasientel Kapten Inf Gandhi dan Kepala Desa Kacaribu Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo.(amr/mk)



Kapendam I/BB Kolonel Inf Zeni Djunaidi saat meninjau pembangunan TMMD.
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru