SUMUT

NASIONAL

Pemdes Sempajaya Salurkan BLT-DD Sebanyak 89 KK Dari 9 Dusun

Jumat, 29 Mei 2020 | 08.31 WIB
Kali Dibaca |

Kades Sempajaya, Meliala Purba serahkan BLT-DD kepada salah seorang warga desanya.

Berastagi, Metrokampung.com
Pemerintah Desa Sempa Jaya Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo salurkan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD) Tahap I, Kamis  (28/5) pukul, 16.00 wib bertempat di Jambur desa Sempajaya.

“Sebanyak 89 KK dari 9 dusun penerima BLT-DD dengan penerapan Protokol kesehatan yang ketat. Total anggaran yang disalurkan sebesar Rp.53.400.000. Masing-masing KK menerima BLT sebesar Rp.600.000 yang disalurkan melalui kerjasama dengan bank,” kata kades Sempajaya Meliala Purba.

Camat Berastagi, Mirton Ketaren yang juga hadir, berkesempatan serahkan BLT-DD kepada warga Sempajaya yang berhak menerimanya.

Meliala menjelaskan bahwa ada beberapa kategori penerima manfaat pada BLT-DD ini, antara lain mereka yang termasuk dalam keluarga miskin non-PKH dan BPNT yang kehilangan mata pencaharian dan atau tidak terdata dan atau ada anggota keluarga yang sakit kronis atau menahun.

“Pendataan dilakukan melalui RT dan ditetapkan dengan musyawarah desa, Data penerima-nya pun sudah dibahas dalam musyawarah antara Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh masyarakat, dan RT," imbuhnya


Terkait kendala yang dihadapi, Meliala menyebutkan bahwa ada beberapa nama ganda yang tercatat sebagai penerima namun hal ini terpaksa dilakukan pencoretan.

“ Alhamdulillah, Pencairan BLT-DD tahap I ini berjalan lancar. Semua masyarakat penerima bisa hadir di Jambur (balai desa/red), namun ada beberapa dari mereka yang terpaksa kami coret namanya karena ada penerima bantuan yang namanya ganda,” ujar Milala Purba.

Meski demikian, Ia menegaskan pencoretan nama itu diiringi dengan memberi pengertian kepada warga penerima, sehingga tidak timbul rasa iri hati atau pertentangan dari masyarakat.

“Kami berharap dengan adanya BLT ini masyarakat dapat terbantu perekonomiannya, bermanfaat, dan barokah bagi semua warga yang menerima,”ujanya seraya berpesan kepada warganya agar bantuan yang diterima  tersebut dipergunakan untuk keperluan hidup dimasa pandemi Covid-19.

“Karena kita belum tahu kapan berakhirnya masa pandemi ini mengingat virus ini merupakan lawan yang tidak kelihatan,”tambahnya.

Meliala juga tetap mengingatkan warganya agar tetap berprilaku hidup bersih dan tetap mengikuti himbauan pemerintah untuk disiplin cuci tangan, hindari kerumunan dan tetap memakai masker apabila beraktivitas diluar rumah. (amr/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru